10 Apartemen Tertinggi di Dunia 2019

Image: Agoda.com
0 385

Gedung-gedung pencakar langit sudah jadi hal biasa di seluruh dunia. Banyak arsitek dan pengembang yang berlomba merebut gelar tertinggi di dunia. Seperti yang sudah diketahui saat ini gelar gedung tertinggi jatuh pada Burj Khalifa, Dubai.

Menara tertinggi di dunia ini memang rata-rata berfungsi sebagai pusat perkantoran ataupun perbelanjaan. Tapi ada juga gedung pencakar langit yang berfungsi sebagai hunian.

Hunian vertiknaal atau apartemen sudah jadi hal yang biasa di luar negeri. Berbeda dengan Indonesia yang baru beberapa tahun ini mulai menjamur. Di belahan dunia lain ada banyak apartemen tinggi yang mulai diperhitungkan.

Berikut adalah 10 apartemen tertinggi di dunia 2019.

1. Wuhan Greenland Center, Cina

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: Inhabitat.com

Wuhan Greeland Center yang dibangun di Wuhan memang direncanakan mengalahkan Shanghai Tower gedung tertinggi di Cina. Sayangnya apartemen tertinggi di dunia ini harus menurunkan tinggi gedung hingga 20%.

Jika di awal Wuhan Greenland Center direncanakan dibangun setinggi 636 m dengan 125 lantai. Saat ini gedung pencakar langit ini hanya akan dibangun setinggi 500 meter saja.

Tinggi: 636 meter / 125 lantai

Pengembang: Wuhan Greenland Bin Jiang Property Co, Greenland Grup

Arsitek: Adrian Smith + Gordon Gill Architecture

Selesai: 2019

2. World One, India

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: Flickr

Gedung tertinggi di Mumbai, India ini juga patut diperhitungkan. Bangunan yang sudah mulai dibangun tahun 2011 ini rencananya akan menjadi pusat hunian eksklusif yang mewah.

Namun nasibnya serupa dengan Wuhan Greenland Center, sampai saat ini World One masih dalam proses pengerjaan. Konstruksi sempat terhenti karena proses perijinan, sampai tahun 2018 World One hanya mendapatkan izin membangun sampai ketinggian 285,06 m.

Tinggi: 441,96 meter / 119 lantai

Pengembang: Lodha Development

Arsitek: Pei Cobb Freed & Partners

Selesai: –

3. Princess Tower, Dubai

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: KONE

Lagi-lagi gedung tertinggi di dunia ada di Dubai, fakta ini tentu tidak mengagetkan khalayak. Selain Burj Khalifah, ada Princess Tower setinggi 413,92 meter.

Kompleks apartemen ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang super mewah. Anda yang ingin merasakan tidur di gedung tertinggi dunia bisa menyewanya dengan harga mulai dari Rp 4,3 juta per malam tidak terlalu mahal.

Tinggi: 414 meter / 101 lantai

Pengembang: Tameer Investment Holding

Arsitek: Eng. Adnan Saffarini

Selesai: 2012

4. 432 Park Ave, Amerika Serikat

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: amara.com

Kondominum mewah 432 Park Ave menjadi deretan keempat apartemen tertinggi di dunia. Jika dua apartemen sebelumnya belum selesai dibangun, 432 Park Ave ini sudah selesai dibangun dan dihuni.

432 Park Ave dibangun dengan ketinggian 425,5 meter dengan 96 lantai. Dengan segala kemewahannya apartemen ini bisa disewa dengan harga paling murah USD 40.000 atau setara dengan Rp 563.322.000. Segala kemewahan dan kelengkapan fasilitas dijamin akan memanjakan para pengunjung. Anda tertarik?

Tinggi: 425,5 meter / 96 lantai

Pengembang: CIM Group dan Macklowe Properti

Arsitek: Rafael Vinoly

Selesai: 2015

5. Central Park Tower, Amerika Serikat

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: untappedcities.com

Lokasinya tidak terlalu jauh dengan 432 Park Ave yang menempati peringkat keempat apartemen tertinggi di dunia. Central Park Tower mulai dibangun sejak tahun 2014 dan baru saja selesai tahun 2018 lalu.

Rencananya Central Park Tower akan dibangun hingga 95 lantai dengan tinggi 472 meter. Fasilitas pendukung seperti kolam berenang sampai pusat kebugaraan akan tersedia di sini.

Tinggi: 472 meter / 95 lantai

Pengembang: Extell Development Company

Arsitek: Adrian Smith + Gordon Gill Architecture

Selesai: 2018

6. Elite Residance, Dubai

Apartemen Tertinggi di Dunia
Image: Booking.com

Satu lagi apartemen tertinggi di dunia yang masih berlokasi di Dubai, yakni Elite Residence. Apartemen ini menawarkan pemandangan indah menghadap langsung ke Palm Jumeirah yang terkenal. Apartemen tertinggi kelima di Dubai ini dibangun pada tahun 2007 dan saat ini sudah dihuni. Elite Residence memiliki 87 lantai dengan tinggi 380,5 meter.

Bahkan, Elite Residence mendapatkan peringkat keenam gedung tertinggi di Uni Emirat Arab. Sedangkan untuk dunia Elite Residence mendapatkan peringkat ke-35.

Tinggi: 380,5 meter / 87 lantai

Pengembang: Tameer Holding Investment LLC

Arsitek: Adnan Saffarini

Selesai: 2012

(Baca Juga: Memiliki Harga Fantastis, Ini Dia 10 Apartemen Termahal di Dunia)

7. 23 Marina, Dubai

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: dreampropertydubai.com

Apartemen pencakar langit lainnya yang ada di Dubai adalah 23 Marina. Pada saat dibangun 23 Marina direncanakan akan menjadi apartemen tertinggi di Dubai, tapi nyatanya gelar tersebut tak bertahan lama. Dengan tinggi 395 meter, 23 Marina dikalahkan oleh Princess Tower 414 meter.

23 Marina ini memiliki lokasi strategis di tengah area komersial yang menawarkan kemewahan eksklusif. Sama seperti apartemen tertinggi lainnya, 23 Marina juga menawarkan kemewahan lebih untuk penghuninya. Apartemen ini memiliki bebarapa jenis unit mulai dari 2 kamar tidur, 3 kamar tidur, dan 4 kamar tidur. Semua interiornya didesain serba mewah dengan detail kayu dan marmer yang wah.

Tinggi: 395 meter / 89 lantai

Pengembang: Hircon International

Arsitek: Hafeez Contractor KEO International Consultants

Selesai: 2012

8. Marina Torch, Dubai

Apartemen Tertinggi di Dunia
Image: dubaiseason.com

Marina Torch sempat mendapat julukan apartemen tertinggi pada tahun 2011. Tapi di tahun 2019, hunian mewah di Dubai ini turun peringkat menduduki posisi kedelapan. Dengan tinggi 336,8 meter Marina Torch sempat terkena musibah kebakaran di tahun 2014 dan 2017.

Marina Torch atau yang dikenal juga dengan nama The Torch ini terdiri dari 676 unit apartemen. Fasilitas modern sudah disiapkan untuk para penghuni. Salah satu yang paling diandalkan ada di podium rooftop yang memiliki kolam berenang, jacuzzi, dan area berjumur.

Tinggi: 336,8 meter / 82 lantai

Pengembang: Al Rashideen Trading Company

Arsitek: Khatib and Alami

Selesai: 2011

9. Q1, Australia

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: hotels.webjet.com

Apartemen Q1 sempat lama menyandang gelar gedung apartemen tertinggi di dunia. Sejak selesai dibangun tahun 2005, Q1 jadi apartemen tertinggi di Queensland. Di tahun 2011 gelar apartemen tertinggi di dunia ini seketika direbut oleh The Marina Torch.

Apartemen Q1 ini desainnya terinspirasi dari Sydney Opera House dan obor Olimpiade 2000. Hunian vertikal ini dilengkapi dengan beberapa kolam renang, gym, teater, hingga fasilitas spa. Tak hanya itu, Anda yang penasaran dengan keindahan kota Queensland bisa langsung mengintip dari QDeck yang ada berada di lantai 77 dan 78.

Tinggi: 322,5 meter / 80 lantai

Pengembang: Sunland Group

Arsitek: Sunland

Selesai: 2005

10. Ocean Heights, Dubai

Apartemen Tertinggi di Dunia 2019
Image: meinhardtgroup.com

Bangunan setinggi 310 meter ini juga berada di Dubai, menambah daftar panjang apartemen tertinggi di dunia. Ocean Heights tahun ini menempati posisi kesepuluh bangunan apartemen tertinggi di dunia. Ocean Heights sendiri meraih peringat ke-19 gedung terttinggi di Dubai.

Selain tingginya Ocean Heights ini juga terlihat unik dari desainnya. Jika dilihat desain dari apartemen ini meliuk seperti daun yang tertiup angin. Gedung 83 lantai ini terlihat lebih cantik karena berada dekat sekali dengan pantai dan laut. Jadi Anda akan mendapatkan pemandangan samudra luas yang indah dari sini.

Tinggi: 310 meter / 83 lantai

Pengembang: DAMAC Properties

Arsitek: Andrew Bromberg of Aedas

Selesai: 2010

Project Kedepannya

Kalau sekarang apartemen tertinggi di dunia dipegang oleh Princess Tower, tahun 2021 nanti gelar ini akan direbut oleh Jeddah Tower. Saat ini apartemen tertinggi di dunia ini masih dalam tahap konstruksi dan rencananya akan beroperasi tahun 2021 nanti.

Jeddah Tower ini bahkan akan menyalip Burj Khalifah yang mendapatkan gelar gedung tertinggi di dunia. Rencananya Jeddah Tower akan dibangun setinggi 1000 meter dengan desain neo futuristik. Lagi-lagi gedung tertinggi ini menggandeng Adrian Smith + Gordon Gill Architecture.

Pada Februari 2018 Jeddah Tower sudah merampungkan konstruksinya sampai lantai ke-66. Rencananya gedung tertinggi di dunia ini akan terdiri dari 200 lantai dengan 59 elevator. Selain itu akan ada fasilitas sky terrace yang langsung menghadap laut merah, tentu saja pemandangan ini akan sangat menakjubkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.