10 Ide Desain Ruang Tamu untuk Hunian Semakin Nyaman

Image: home-designing.com
0 154

Sebutan tamu sebagai raja merupakan hal yang sudah umum dan biasa. Pastinya, sebagai raja, Anda perlu memberikan kenyamanan jika ia datang ke tempat tinggal Anda. Untuk itu, ruang yang akan dihampiri pertama kali dalam hunian Anda adalah ruang tamu atau seringkali fungsinya disamakan dengan ruang keluarga. Kenyamanan yang Anda tawarkan pada desain ruang tamu tentunya akan menjadi salah satu penentu dalam family time ataupun waktu kebersamaan Anda.

Dalam menghadirkan suasana kenyamaan tersebut, pilihan terhadap desain interior ruang tamu atau keluarga Anda merupakan salah satu yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini terdapat beberapa ide desain ruang tamu yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda:

1. Desain Vintage

Ruang Tamu
Image: Pinterest/delightfull.eu

Desain ruang tamu satu ini seperti menghadirkan kenangan lama pada hunian baru Anda. Pastinya, tidak ada salahnya jika Anda ingin menghadirkan interior klasik ke dalam hunian Anda. Untuk menghadirkan nuansa klasik ini, Anda perlu menghadirkan kembali barang-barang klasik yang Anda miliki sebagai hiasan pada ruang tamu/keluarga Anda.

Desain ini menghadirkan kesan hangat dan homey bagi Anda dan keluarga. Pastinya dengan desain ini, quality time Anda akan terasa sangat menyenangkan bahkan sampai lupa waktu karena mungkin akan ada banyak kenangan-kenangan atau cerita masa lalu yang dibicarakan.

2. Desain Open Space

Desain Ruang Tamu
Image: asuransisimasnet.com

Terinspirasi dari budaya tatami di Jepang ataupun lesehan pada tenda-tenda suku Badui Maroko, konsep desain interior ini bisa dijadikan sebagai pilihan desain ruang tamu/keluarga Anda. Konsep yang digunakan di sini berupa ruang terbuka di mana tak terlalu banyak ditemukan perabotan rumah.

Cara ampuhnya adalah Anda hanya perlu menyiapkan karpet dan bantal duduk atau variasi bean bag sebagai alternatif pengganti sofa atau kursi. Desain ini memberikan konsep kenyamanan tanpa batas karena Anda bisa bebas berkomunikasi dengan keluarga/tamu dengan suasana rileks. DItambah lagi jika Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil, mengusung konsep open space akan memberikan tampilan yang terkesan luas dan nyaman.

3. Desain Sunken

Desain Ruang Tamu
Image: Contemporist

Untuk Anda yang ingin merenovasi hunian, bisa juga sekaligus menghadirkan konsep sunken pada ruang tamu. Konsep sunken ini dikenal sangat efektif menghadirkan tampilan yang luas dan nyaman. Pada dasarnya, desain ini kurang lebih sama dengan desain pada nomor 2. Bedanya, konsep sunken cenderung memiliki area sofa yang lantainya cekung ke bawah, atau bisa dibilang lantai khusus area sofa lebih rendah dibanding lantai di sekitarnya.

Desain ini sangat menarik karena menghadirkan konsep minimalis pada hunian Anda sekaligus menghadirkan suasana nyaman dan intim bersama orang-orang terkasih Anda.

4. Desain Industrial

Desain Ruang Tamu
Image: livingroomideas.au

Konsep desain industrial yang cozy juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghadirkan kenyamanan dalam hunian Anda. Gaya tegas desain interior bergaya industri ini terlihat dari dinding bata merah dengan langit-langit ruangan yang terbuka. Pilihan warna industri, yang didominasi oleh warna abu-abu dan cokelat bata semakin mempertegas nuansa industri atau pabrik tua.

Lantai beton yang dipoles dengan rapi juga merupakan ciri khas yang ekonomis pada desain satu ini. Untuk itu, lampu track bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk dijadikan penerangan sekitar. Dekorasi dengan menempatkan beberapa elemen struktural bisa menjadi tambahan dekorasi untuk menambah kenyamanan pada tamu Anda. Sofa mewah, bantal atau bahkan karpet, dapat memberikan keseimbangan visual yang kontras dan menarik.

5. Desain Klasik Modern

Desain Ruang Tamu
Image: Pinterest/decoraiso.com

Desain yang satu ini tentunya masih banyak diaplikasikan pada rumah-rumah modern saat ini. Sofa mewah bernuansa warna terang seperti gold atau kuning keemasan merupakan warna khas dari desain ini. Meja ukiran berwarna cokelat serta pencahayaan berwarna kuning akan menghadirkan nuansa klasik yang cukup elegan pada ruang tamu Anda.

6. Desain Shabby Chic

Desain Ruang Tamu
Image: delightcollective.com

Desain ini menyajikan suasana lembut dan feminin, memakai pilihan dari furnitur yang sudah terlihat tua dan terlihat tanda-tanda pemakaiannya serta aksesoris interior yang feminin. Pilihan warna dominan yang sering digunakan adalah warna yang cenderung pucat. Furnitur yang digunakan pada gaya Shabby Chic kebanyakan adalah furnitur yang terlihat usang. Anda juga dapat mendapatkan kesan usang atau shabby dari furnitur baru dengan cara mengampelas furnitur Anda. Meskipun furnitur dan warna yang sering digunakan terlihat usang tetapi kehangatan dan kenyaman tetap bisa Anda berikan bagi keluarga Anda.

7. Desain Kontemporer

Desain Ruang Tamu
Image: Pinterest

Desain ini merupakan desain yang mewakili masa kini. Pada dasarnya, desain ini didominasi dengan garis ramping dan kontras. Teknik pencahayaan juga difokuskan pada aksen dinding. Elemen yang sering digunakan adalah bahan sutra, beludru, linen, dan wol. Baja dan krom biasanya digunakan untuk dekorasi seperti lampu, hiasan dinding, atau meja. Warna yang sering digunakan adalah hitam metalik, abu-abu, dan silver.

(Baca Juga: Sebelum Pindah ke Apartemen, Wajib Perhatikan 10 Hal Ini Dulu!)

8. Desain Rustic

Desain Ruang Tamu
Image: Home Stratosphere

Identik dengan sentuhan batu alam dan elemen kayu serta dominasi warna cokelat yang cenderung akan memunculkan nuansa hangat. Elemen ini bisa dilihat dari dinding bata yang tidak diaci, langit-langit ekspos, dan furniture kayu. Suasana alam dan pedesaan yang seringkali dimunculkan dari desain ini dapat mendukung kehangatan bagi waktu Anda bersama keluarga.

9. Desain Nautical

Desain Ruang Tamu
Image: housetohome.co.uk

Desain ini sering dikenal sebagai coastal design karena Anda akan diingatkan dengan suasana pantai yang menenangkan. Anda juga dapat mengaplikasikan suasana kapal laut ke dalam hunian Anda, terutama pada area ruang tamu. Interior dalam desain ini akan memberikan kesan hangat dan santai seperti kehidupan pesisir pantai. Dominasi warna biru cerah yang dipadukan dengan warna putih serta motif garis, rotan, dan kain kanvas. Aksen pantai seperti kerang, karang, dan bintang laut dapat menjadi pilihan Anda untuk hiasan rumah yang tepat.

10. Desain Skandinavian

Desain Ruang Tamu
Image: home4art.com

Desain ini merupakan desain artistik modern dan memberikan kesan artsy pada ruang tamu Anda. Penggunaan warna monokrom pada desain merupakan ciri khas yang menarik dan artistik. Desain ini memberikan fokus pada pencahayaan yang lebih terang dari sinar matahari. Desain Skandinavia mengacu pada penggunaan bahan alami, warna pucat, dan bentuk minimalis pada interior terbuka.

Itulah beberapa desain yang bisa dijadikan pilihan Anda dalam mendekorasi ruang tamu ataupun keluarga Anda. Jangan lupa untuk sesuaikan pula dengan konsep desain hunian Anda, jangan sampai berlawanan dengan keseluruhan desain ruangan Anda. Tidak ada salahnya juga, jika Anda mau berkreasi dengan mencoba mixed desain yang ada, siapa tahu desain yang Anda ciptakan akan memberikan ide baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.