10 Keuntungan Bangunan Menerapkan Konsep Green Building

Image: Pixabay
0 89

Green building, salah satu konsep bangunan ramah lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi tren. Konsep ini mencoba menghadirkan bangunan yang menyatu dengan alam mulai dari tahap perencanaan hingga operasional. Tujuanya untuk membuat hidup yang lebih baik dari masa kini hingga masa generasi berikutnya.

Pertanyaan sederhananya, mengapa konsep green building dianggap sebagai konsep bangunan yang cocok saat ini? Bahkan beberapa opini menyebutkan bahwa Indonesia saat ini butuh lebih banyak bangunan berkonsep green builnding. Ternyata inilah berbagai keuntungan bila kita menerapkan konsep green building.

Bangunan Green Building
Image: The Statesman

1. Meningkatkan produktivitas kehidupan

Berdasarkan penelitian yang telah dibuktikan di kota Seattle sebanyak 31 bangunan berkonsep green building menunjukkan adanya angka penurunan tingkat absen pekerja sebanyak 40 persen dari sebelumnya.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa adanya konsep green building mampu menurunkan absen karena sakit sebanyak 30 persen. Sejalan dengan itu, tingkat produktivitas karyawan juga megalami kenaikan.

Hasil laporan di atas menunjukkan bahwa penerapan bangunan berkonsep green building mampu meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja. Penerapan konsep green building juga berdampak pada lingkungan sosial yang baik dan dapat meminimalisir stress.

2. Meningkatkan nilai jual bangunan

Harga bangunan tiap tahun cenderung selalu mengalami kenaikan secara signifikan seiring dengan kenaikan bahan-bahan properti. Kenaikan lebih signifikan justru terjadi pada bangunan dengan konsep green building.

Selain umumnya bangunan green building memiliki konsep desain yang menarik dan terlihat elegan, bangunan ini juga memiliki nilai plus di mata calon pembeli. Terutama karena ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan.

Konsep green building juga memiliki biaya pemeliharaan yang lebih terjangkau dibanding dengan bangunan modern lainya.

3. Biaya lebih terjangkau

Seperti yang telah dijelaskan pada poin kedua, bangunan berkonsep green building memiliki biaya pemeliharaan yang lebih terjangkau dibanding bangunan modern lainnya. Selain biaya pemeliharaan, biaya konstruksi pembangunan berkonsep green building juga lebih rendah.

Karena itu ke depan konsep green building bisa saja diterapkan pada berbagai bangunan yang ada di dunia. Termasuk bangunan yang ada di Indonesia. Apalagi sekarang ini telah ada berbagai contoh bangunan mulai dari kantor, pabrik, tempat ibadah, sekolah dan lainya menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan.

4. Hidup lebih sehat

Kota adalah tempat yang identik dengan pencemar udara dan polusi. Minimnya pepohonan ditambah banyaknya kendaraan adalah penyebabnya. Beruntung, green building atau bangunan ramah lingkungan dapat mengatasi berbagai masalah tersebut.

Green building juga mampu mengatasi masalah kesehatan akibat udara ruangan yang lembab seperti sesak dan ruangan terasa tak nyaman untuk ditempati. Konsep ini semakin cocok bila Anda pada tempat tinggal Anda. Entah itu pada rumah ataupun apartemen.

5. Meningkatkan penjualan

Tahukah Anda bahwa bangunan toko yang menerapkan konsep green building bisa membuat angka penjualan produk yang ada di dalam bangunan meningkat?

Berdasarkan hasil survey di California, lebih dari 100 toko menjelaskan bahwa penjualan mereka mengalami peningkatan hingga 40 persen ketika ruangan mereka diterangi oleh cahaya langit daripada cahaya lampu.

Hal ini membuktikan jika bangunan dengan konsep ramah lingkungan dapat meningkatkan penjualan mereka dan menurunkan biaya pengeluaran karena penerangan dengan sinar dari luar ruangan.

6. Hemat listrik

Salah satu contoh penghematan listrik pada pembangunan ramah lingkungan ini yakni pada poin 5, menggantikan cahaya lampu dengan cahaya langsung dari luar ruangan.

Banyak perusahaan besar yang menggunakan konsep green building pada penggunaan cahaya. kantor Apple, kantor Google adalah beberapa contoh perusahaan besar yang menggunakanya. Mereka bisa menghemat milyaran rupiah untuk penerangan dengan memanfaatkan cahaya alami.

Baca Juga: 7 Gedung Ramah Lingkungan di Indonesia

7. Hemat pajak

Di Amerika Serikat khususnya di beberapa Negara bagian dan pemerintah lokal meloloskan ketetapan pajak untuk mendorong pembangunan yang ramah lingkungan. Mereka juga memberikan biaya pajak yang lebih rendah bila dibanding dengan bangunan berkonsep modern lainya. Haruskah pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan ini?

8. Tampilan yang sesuai perkembangan

Konsep keindahan sebuah bangunan dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Dari bangunan berkonsep minimalis, berubah menjadi bangunan berkonsep modern. Tetapi untuk bangunan berkonsep green building tetap dinilai memiliki tampilan yang elegan sepanjang waktu.

Bangunan berkonsep green building ini akan memanjakan mata para pecinta properti karena desainnya elegan namun tetap ramah lingkungan dibumbui dengan nilai estetika bernilai tinggi.

9. Menciptakan kota hijau nan asri

Tertarik untuk tinggal di sebuah kota dengan hamparan tanaman hijau nan asri? Anda dapat menciptakan kota tersebut dengan penerapan konsep green building.

Dengan teknik green roofing, Anda dapat mulai menerapkannya pada taman, atap atau kolam di atas bangunan untuk menciptakan kota hijau nan asri. Tetap tampil hijau dan elegan sesuai bangunan yang Anda impikan.

10. Recycle

Anda dapat melakukan recycle bahan sisa yang masih dapat diolah dan digunakan untuk material bangunan atau bagian interior rumah. Hal ini merupakan contoh pelestarian sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Contohnya yaitu jenis batuan tertentu misalnya granit yang dapat digunakan untuk material bangunan seperti bagian tepi kolam dan lantai rumah.

Penerapan konsep green building sebenarnya bukan hanya soal bagaimana menampilkan bangunan yang bernilai estetik semata. Tetapi lebih dari itu, bangunan berkonsep green building memiliki tujuan di masa depan untuk generasi selanjutnya. Jadi mengapa tak coba kita ikut terlibat di dalamnya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.