10 Tips Tetap Sehat dan Bugar Meski Sering Lembur di Kantor

Tips Lembur di Kantor

Apapun jenis pekerjaan, industri perusahaan, ataupun jenis gedung kantor tempat kamu bekerja, lembur di kantor merupakan hal yang lumrah terjadi bagi setiap karyawan. Di tengah menumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu cepat, 9 jam kerja dalam sehari pun tak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Maka itu, lembur menjadi jawaban tepat.

Sudah menjadi info umum bahwa kini banyak perusahaan yang mengharuskan lembur secara rutin setiap harinya. Nah untuk kamu yang punya kebutuhan lembur seperti ini, patut sekali diimbangi dengan kondisi badan yang tetap fit. Kali ini SpaceStock berikan tips tetap sehat meski sering lembur kerja untuk kamu ikuti:

[lwptoc title=”Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur di Kantor”]

1. Makan tepat waktu

Tips Lembur Saat Kerja
Image: littleadvices.wordpress.com

Saat bekerja lembur di kantor, kebanyakan orang akan menjadi malas dan telat makan. Padahal, saat itu adalah waktu di mana tubuh kita memerlukan energi lebih yang berasal dari asupan makanan yang cukup. Karena itu, meskipun bekerja lembur, tetap sempatkan untuk makan malam.

Usahakan untuk selalu makan malam sebelum jam 8 malam agar tubuh bisa mencerna makanan dan membersihkan racun di dalam tubuh. Hal yang sama juga harus kamu terapkan untuk sarapan dan makan siang. Usahakan untuk tetap teratur makan pagi dan makan siang tepat pada waktunya.

2. Mengatur porsi makan secukupnya

Tips Lembur di Kantor
Image: loonylarbs.org

Porsi makan yang sehat dan ideal adalah sedikit tapi sering. Makan dengan porsi yang banyak sekaligus bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan memperlambat sistem pencernaan.

Jika hal ini menjadi kebiasaan yang berulang-ulang kamu lakukan bisa menyebabkan naiknya resiko terkena penyakit yang parah seperti diabetes. Kalau kamu sering bekerja lembur, usahakan untuk tetap makan secara rutin namun dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.

3. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Tips Lembur di Kantor
Image: blog.omimattress.com

Menjalankan pola makan rutin saja tidak cukup, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat. Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan manis, makanan yang berlemak, makanan yang pedas, makanan cepat saji, atau makanan yang mengandung banyak garam.

Makanan-makanan seperti itu sulit dicerna tubuh sehingga malah membuat kamu lebih cepat lapar. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik. Ganti cemilan kamu dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

4. Hindari meminum kopi

Tips Lembur di Kantor
Image: huffingtonpost.com

Meskipun harus bekerja sampai malam hari dan mengantuk, untuk bisa tetap sehat dan bugar lebih baik hindari minum kopi. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi bisa membahayakan kesehatan. Satu cangkir kopi yang dikonsumsi pada malam hari bisa membuat tubuh dehidrasi dan insomnia.

Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman berenergi dan minuman beralkohol. Minuman-minuman ini mengandung banyak gula dan kafein yang tidak baik untuk kesehatan.

5. Memperbanyak minum air putih

Tips Lembur di Kantor
Image: eehealth.org

Saat bekerja lembur, wajib hukumnya untuk perbanyak minum air putih. Usahakan untuk selalu menyediakan air putih di meja kerja kamu. Minum air putih dapat membantu kamu mencegah dehidrasi dan menjaga fokus, serta memiliki peran penting pula dalam mengatasi rasa kantukmu.

Banyaknya air putih yang sebaiknya kamu minum tergantung pada kebutuhan masing-masing. Usahakan untuk segera minum jika sudah mulai merasa haus.

6. Beristirahat sesekali

Tips Lembur di Kantor
Image: completewellbeing.com

Tak bisa dipungkiri, ketika lembur di kantor pasti akan duduk selama berjam-jam di depan layar komputer sampai malam. Padahal, kamu sudah bekerja dari pagi hari. Hal ini bisa menimbulkan keluhan seperti sakit punggung dan nyeri otot leher.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus beristirahat sesekali secara rutin. Setiap satu jam sekali, lakukan peregangan sebentar dan jauhkan mata dari layar komputer dan layar ponsel. Lakukan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan tangan, bahu, dan leher.

7. Minum vitamin atau suplemen

Tips Lembur di Kantor
Image: nutritionbyerin.com

Kalau kamu masih merasa butuh tambahan asupan vitamin, kamu bisa minum tambahan vitamin atau suplemen secukupnya. Tapi, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan tubuh karena kebutuhan setiap orang akan berbeda-beda.

Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang ahli sebelum minum vitamin atau suplemen tertentu agar bisa mendapat rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

Baca Juga: Antara Startup vs Corporate, Masing-masing Punya Plus dan Minusnya

8. Rutin berolahraga

Tips Lembur di Kantor
Image: pantagraph.com

Supaya tetap sehat dan bugar meski sering lembur, di luar jam kantor kamu tetap aktif berolahraga secara rutin. Mulai berolahraga bisa kamu lakukan dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging.

Kamu bisa lakukan olahraga secara teratur seminggu sekali saat hari libur. Olahraga secara teratur bisa membantu kamu mencegah penyakit kronis, mengurangi stress, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit dan racun dalam tubuh.

9. Bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar

Tips Lembur di Kantor
Image: huffingtonpost.com

Kebanyakan bekerja terkadang bisa membuat kamu merasa stress dan kesepian. Padahal, rasa kesepian dan stress juga bisa memicu penyakit yang cukup parah. Hal ini juga bisa memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk sembuh.

Karena itu, kamu juga harus tetap menyempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar. Hal ini bisa membantu kamu untuk tidak kesepian dan menghindari rasa stress. Saat di kantor, berusahalah untuk tetap bisa menyapa dan mengobrol dengan kolega kamu.

10. Menjaga kebersihan

Tips Lembur di Kantor
Image: moregrimethantime.com

Menjaga kebersihan penting demi kesehatan dan mencegah datangnya penyakit. Meskipun sibuk, kamu tidak boleh mengabaikan kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Usahakan untuk tetap mandi setiap hari, rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sikat gigi dan mencuci muka secara teratur, dan menjaga kebersihan tempat tinggal dan meja kerja. Jangan menyimpan sampah terlalu lama di tempat tinggal atau di sekitar meja kerja.

Itulah beberapa tips sehat saat sering lembur di kantor. Jangan lupa jadikan kesehatan sebagai investasi utama bagi diri sendiri, ya.

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *