11 Langkah Desain Kamar Tidur Anak Perempuan Sesuai Perkembangan

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Untuk Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak, mendesain kamar tidur anak tentu jadi hal yang wajib diterapkan. Hal ini bertujuan untuk membuat sang anak merasa nyaman dan dimanjakan matanya oleh tampilan yang menarik. Terkhusus untuk anak perempuan, biasanya desain yang ditampilkan tak jauh dari warna-warna terang dan karakter yang menyenangkan. Di luar hal tersebut ada lagi hal lain yang patut diperhatikan untuk menerapkan desain kamar anak perempuan.

Ada dua aspek yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur anak perempuan. Pertama adalah yang mereka sukai, lalu yang kedua bagus untuk tumbuh kembang mereka. Dua aspek ini harus saling melengkapi agar anak mendapat jaminan tumbuh kembang di lingkungan yang tepat. Karena itu, mari perhatikan beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum desain kamar tidur anak perempuan:

[lwptoc title=”Desain Kamar Tidur Anak Perempuan”]

1. Tema atau karakter kartun yang menarik

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/donpedrobrooklyn

Ciptakan karakter yang menyenangkan. Kamu bisa mengaplikasikan desain tematik untuk kamar anak. Untuk mengetahui karakter kamar seperti apa yang disukai sang anak, kamu bisa cari tahu terlebih dahulu minat dan selera anak. Sehingga kamar tidurnya nanti akan menjadi zona yang nyaman untuk istirahat anak.

Yang paling penting harus kamu sadari, anak-anak melihat sesuatu dengan caranya sendiri. Berbeda dengan cara kamu melihat sesuatu. Karena itu, jangan pernah memaksakan kehendak kamu pada anak hanya karena kamu melihat itu yang paling baik untuk anak. Cobalah bijaksana.

Inspirasi desain kamar tematik untuk anak bisa kamu lihat dari kehidupan anak sehari-hari. Apa yang mereka sukai coba aplikasikan ke dalam kamarnya. Apakah kamar berdesain kartun, scandinavian, minimalis, atau beach feel. Kamu juga bisa menghadirkan grafis binatang atau tokoh kesukaan anak. Misalnya headboard berbentuk kucing, bear, kupu-kupu atau tokoh barbie.

Hanya saja, untuk karakter kartun atau barbie yang ia sukai cukup aplikasikan di area tertentu saja. Jangan terlalu banyak. Sebab bisa saja sewaktu-waktu anak bosan pada karakter tersebut.

2. Warna-warni yang soft untuk memudahkan anak tidur

Desain Kamar Anak Perempuan
Image: Pinterest/shackrevamp

Kebanyakan orang tua pasti memilih warna-warna cerah. Dan memang betul, di bawah alam sadar anak, mereka lebih tertarik dengan warna-warna cerah layaknya biru, merah, dan kuning. Hanya saja, warna semacam itu sebenarnya lebih cocok digunakan untuk kamar bermain. Sebab warna cerah dan kontraks mampu menstimulasi rasa aktif.

Untuk kamar tidur, anak lebih butuh warna dengan karakter tenang. Misalnya kamu bisa memilih warna pastel yang bisa membantu anak merasa tenang dan santai. Cocok untuk “mengantarkan” mereka tidur. Warna cerah cukup kamu aplikasikan di bagian furnitur, bedding, atau dekorasi.

Pilihan warna tenang bisa kamu ambil dari karakter atau tema kamar yang sebelumnya telah kamu pilih. Misalnya anak perempuan suka unicorn atau pelangi, maka dindingnya bisa menggunakan beberapa kombinasi warna cat. Tapi kalau anak perempuan sudah kelas 5 SD, kemungkinan besar mereka lebih suka warna yang lebih netral layaknya biru, putih, atau cream.

3. Hadirkan tempat tidur bertingkat

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/decorincite

Tak ada salahnya membuat desain kamar tidur anak perempuan dengan tempat tidur ganda atau additional extra bed. Setidaknya sebagai antisipasi bila ada teman anak yang menginap.

Sedang kalau untuk tempat tidur kakak beradik, kamu bisa siasati dengan menggunakan sistem bertingkat atau loft. Yang penting kamu pastikan saja railing-nya kuat.

4. Ruangan berpakaian yang cantik dan terorganisir

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/beauteefulliving.com

Demi mengajarkan anak memilih pakaian sendiri, kamu bisa desain ruangan berpakaian yang cantik dan tertata. Siapkan pula meja belajar dan lemari penyimpanan yang bisa dimanfaatkan anak untuk segala keperluannya.

Jika kamar tidur anak memiliki ruangan yang cukup luas, kamu bisa buatkan dressing room khusus. Letakkan cermin sebagai elemen interior paling penting untuk berkaca dan memilih baju kesukaannya. Kemampuan anak memakai baju sendiri mampu meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirianya.

5. Solusi kamar tidur yang kecil

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/pbteen.com

Sedangkan jika kamar tidur anak perempuan cukup kecil, kamu bisa berkreasi dengan menghadirkan furniture multiguna yang dapat menghemat space ruangan. Misalnya dengan hadirkan tempat tidur bertingkat di mana pada bagian bawah bisa kamu alokasikan menjadi meja belajar, kemudian pada bagian atas menjadi tempat tidur.

6. Sediakan Dinding Tumbuh

Desain Kamar Tidur Anak
Image: Pinterest/projectnursery.com

Sediakan satu dinding kosong yang bisa digunakan sebagai wall of fame si kecil. Inilah yang dimaksud dengan dinding tumbuh. Di dinding tersebut, anak bisa menaruh gambar-gambar, poster karakter kesayanganya, hingga foto bersama keluarga dan teman-teman sekolahnya.

Selain untuk berekpresi, keberadaan dinding kosong dengan poster-poster ini bertujuan untuk dapat kita ubah seiring bertumbuhnya anak. Jadi, jika sudah bosan dengan gambar tersebut, dapat diganti dengan gambar yang disukai pada umurnya lagi.

7. Memilih lampu dengan pencahayaan yang baik dan sehat

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/homedesignideas.eu

Apapun desain yang kamu aplikasikan, pencahayaan yang baik dan sehat harus terpenuhi. Baik itu datang dari lampu atau sinar matahari. Pilihlah jenis lampu yang mampu menyinari semua sudut ruangan. Selain itu, sediakan pula lampu tidur dengan warna yang lebih redup.

Lampu tidur penting untuk mata dan syaraf anak agar beristirahat dengan baik. kamu bisa pilih lampu tidur berbentuk menggemaskan, layaknya awan, bunga, bintang, atau hati.

Penerangan juga harus datang dari sinar matahari untuk membantu membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam kamar. Hanya saja, lebih baik tidak meletakkan tempat tidur terlalu dekat dengan jendela. Sebab area tersebut memiliki suhu yang lebih panas dan akan menyebabkan anak gerah.

8. Ruang penyimpanan mainan yang rapi

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/hometreeatlas.com

Jangan lupa ajarkan anak-anak untuk merapikan barang-barangnya sendiri sejak dini. Maka sediakan tempat untuk menyimpan mainan di kamar mereka.

Kamu bisa mengenalkan bagaimana belajar disiplin dari hal sederhana. Misalnya merapikan mainan setelah bermain, merapikan tempat tidur setelah bangun hingga membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga: 10 Ide Kreasi Warna Pastel untuk Ruangan Anda

9. Furnitur yang imajinatif namun aman

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/hellowonderful.co

Kamu dapat hadirkan desain kamar tidur anak perempuan dengan furnitur anak yang membuat anak berimajinasi.. Misalnya datang dari para tokoh dongeng, yaitu menghadirkan furniture berupa puppet lampt yang dapat dimainkan, stool yang dapat berayun, hingga kursi yang menyerupai hewan.

Aplikasi warna-warna cerah tetap jadi kunci utama daya pikat desain furnitur yang atraktif. Yang terpenting, semua furnitur tersebut aman untuk dimainkan anak.

10. Tenda Kecil untuk Area Bermain Anak

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/etsy.com

Anggap saja furniture ini untuk menjadi area privasi anak. Privasi yang dimaksud di sini tentunya untuk si kecil yang ingin bermain sambil me-time tanpa terganggu oleh apapun. Kamu bisa hadirkan tenda kecil dengan sekumpulan bantal lucu sesuai selera si kecil. Selanjutnya bisa juga tambahkan beberapa mainan favorit anak di dalamnya agar si anak dapat betah bermain di dalam. Dengan begitu, kamu juga tak perlu khawatir si kecil akan berkeliaran di dalam rumah.

11. Furniture yang juga bisa mengedukasi anak

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan
Image: Pinterest/etsy.com

Poin penting terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah menghias kamar tidur anak dengan sesuatu yang edukatif. Menyesuaikan desain dengan selera anak boleh-boleh saja, tetapi tetap harus ada diisi edukasinya. Caranya dengan meletakkan hal-hal yang bisa mereka gunakan untuk belajar. Bisa pula dengan pernak-pernik yang keberadaannya lebih timeless.

Menghadirkan desain kamar tidur anak perempuan yang tepat bagi mereka sama artinya menjamin mereka tumbuh kembang dengan baik. Jadi tak ada salahnya bukan mengaplikasikan 10 cara di atas?

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *