11 Negara dengan Tradisi Puasa yang Cukup Unik

Image: SpaceStock Team
0 35

Kantor biasanya memiliki tradisi menyambut lebaran dengan memberikan jatah libur pada karyawannya pada puasa pertama. Tradisi lain dalam menyambut serta menjalankan ibadah puasa tiap negara ternyata juga berbeda. Jadi selain di Indonesia, negara-negara lainnya juga memiliki tradisi puasa unik. Tradisi tersebut sudah dilakukan turun temurun dan sampai sekarang masih terus dipertahankan.

1. Arab Saudi

Tradisi Puasa Unik
Image: Pinterest

Mekah dan Madinah merupakan dua kota di Arab Saudi yang selalu ramai pengunjung dari dalam dan luar negeri. Terutama ketika bulan Ramadan dan Haji. Umrah di bulan Ramadan memang kerap dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Berbuka puasa di pelataran Masjid Nabawi serta Masjidil Haram sudah menjadi pemandangan khas tiap Ramadan.

Makanan-makanan seperti kurma, keju, yogurt, daging domba, hingga buah-buahan kerap disuguhkan saat berbuka puasa di dua tempat suci tersebut. Bagi orang asing yang mengunjungi Arab Saudi di bulan Ramadan, mereka tidak diperkenankan makan dan minum di tempat umum. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi wujud penghormatan bagi umat yang sedang berpuasa.

2. Mesir

Tradisi Puasa Unik
Image: Travel – Dream

Lentera berwarna-warni di seluruh kota bisa kita dapati ketika Ramadan tiba di Mesir. Tradisi memasang lentera merupakan perlambangan dari persatuan dan sukacita. Selain itu, jalanan di kota-kota Mesir juga tampak lebih semarak dan membuat suasana Ramadan terasa begitu khas.

Tradisi penerangan dengan lentera sudah dilakukan sejak era Khalifah Moezz Eddin di kota Kairo pada tahun 966 Masehi.

3. Pakistan

Tradisi Puasa di Negara
Image: dawn.com

Chaand Raat merupakan tradisi di mana para perempuan mengenakan pakaian terbaiknya untuk pergi ke pasar membeli gelang serta sepatu. Tradisi tersebut biasanya dilakukan pada hari-hari terakhir Ramadan.

Selain perempuan, para laki-laki pun juga melakukan hal serupa. Hanya saja mereka melemparkan kertas berisikan nomor telpon mereka ke perempuan-perempuan. Makan bersama ketika berbuka puasa juga menjadi tradisi tak terpisahkan dari masyarakat Pakistan.

4. Turki

Tradisi Puasa Unik
Image: Turkey Homes

Masakan khas Turki yang terkenal akan rempah-rempahnya menjadi bagian dari tradisi ketika Ramadan. Selama Ramadan, masyarakat Turki akan memasak makanan tradisional tersebut.

Selain itu ketika menjelang sahur, sebanyak 2000 penabuh genderang dengan pakaian Ottoman akan menyebar ke seluruh kota Turki untuk membangunkan penduduknya makan sahur.

5. Iran

Tradisi Puasa Tiap Negara
Image: SURFIRAN

Tradisi membaca surat Al-An’am sebelum makan sahur kerap diakukan masyarakat Iran. Tradisi tersebut dikenal dengan sebutan Khatme Al-Anam. Tiga hari sebelum puasa dimulai pun, orang-orang di Iran bagian utara menyambutnya dengan berpuasa terlebih dulu selama tiga hari.

Sementara di daerah Azerbaijan Timur pada Jumat terakhir Ramadan, para gadis dan wanita yang sudah menikah berkumpul menjahit tas untuk keluarga mereka. Kemudian tas tersebut digunakan untuk menyimpan sejumlah uang dan menutupnya hingga Ramadan berikutnya. Mereka berkeyakinan bahwa tas tersebut akan melindunginya dari kemiskinan.

6. Uni Emirat Arab

Tradisi Puasa Unik
Image: Suara Muslim

Suasana Ramadan di Uni Emirat Arab bisa kita rasakan sebelumnya. Tepatnya dua pekan sebelum awal Ramadan. Pada waktu tersebut, anak-anak akan merayakan Haq Laila. Perayaan tersebut dilakukan oleh anak-anak di mana mereka akan berkeliling lingkungan sembari mengumpulkan permen dan kacang-kacangan.

Kemudian permen tersebut akan dikumpulkan dalam tas jinjing atau Kharyta. Tradisi ini mirip seperti perayaan Halloween di Amerika Serikat.

7. Kuwait

Tradisi Puasa Unik
Image: Bayut.com

Tradisi Ramadan di Kuwait hampir sama seperti Uni Emirat Arab. Dua pekan sebelum Ramadan tiba, anak-anak akan mengetuk pintu rumah tetangga-tetangganya untuk meminta permen dan coklat.

Namun sebelum mendapatkan permen dan coklat, mereka harus bernyanyi terlebih dulu. Tradisi satu ini akan membuat anak-anak merasakan kebahagiaan menyambut bulan suci dan bahkan akan membuatnya tertarik untuk belajar berpuasa.

8. Maldives

Tradisi Puasa Tiap Negara
Image: Maldives Independent

Tak hanya terkenal dengan pantainya yang elok. Maldives juga dikenal sebagai gudangnya para penyair. Hal ini terbukti dari tradisi ketika Ramadan di mana seorang penyair akan membacakan syair atau puisi bertemakan Ramadan.

Syair tersebut biasanya akan dibacakan setelah berbuka puasa. Selain itu, kata Ramadan di negara kepulauan ini kerap disebut dengan sebagai Roadha Mas.

Baca Juga: 10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama

9. Lebanon

Tradisi Puasa Unik
Image: KapanLagi

Di Indonesia, kita tentu sudah akrab dengan meriam bambu. Sama halnya dengan yang dilakukan di Lebanon. Negara beribukota Tripoli ini memiliki tradisi puasa unik dengan menyalakan meriam. Suara meriam tersebut merupakan tanda ketika waktu berbuka puasa sudah hampir tiba.

Tradisi menyalakan meriam di Lebanon dikenal dengan sebutan Midfa Al-Iftar.

10. Albania

Tradisi Puasa Unik
Image: Tirana Times

Berada di kawasan Eropa Tenggara, Albania dulunya merupakan salah satu wilayah kekhalifan Turki Utsmani. Tak heran jika tradisi selama bulan puasa juga bisa kita dapati di negara yang berbatasan dengan Montonegro ini.

Setiap hari selama Ramadan, masyarakat Albania akan berbaris naik turun di jalanan dengan memainkan drum silinder dan lodra yang dilapisi kulit domba atau kambing. Dalam merayakan awal puasa, keluarga muslim biasanya akan mengundang oranglain ke rumah mereka untuk memainkan balada tradisional.

11. Maroko

Tradisi Puasa Unik
Image: On The Go Tours

Menjadi negara dengan campuran kebudayaan Arab, Eropa dan Berber, menjadikan Maroko memiliki tradisi unik ketika Ramadan. Nafar atau seorang penjaga kota akan berkeliling ketika Ramadan untuk membangunkan sahur.

Dalam aksinya membangunkan sahur, nafar mengenakan pakaian tradisional beserta gondola, sandal dan topinya. Sembari menyusuri jalan, penjaga kota yang dipilih oleh penduduk ini akan meniup klakson. Tiupan klakson inilah yang membuat suasana Ramadan begitu khas di negara dengan ibukota Rabat tersebut.

Ternyata tak hanya di Indonesia yang memiliki tradisi khusus ketika puasa. Negara-negara muslim lainnya juga memiliki tradisi puasa yang unik. Semoga puasa kita makin berkah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.