11 Tips Hemat Air di Apartemen Demi Kurangi Tagihan Tiap Bulan

Meski tidak murah, tinggal di apartemen tetap menjadi pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang. Terutama mereka yang menginginkan hunian dekat dengan tempat kerja.

Sayangnya tinggal di apartemen berarti siap dengan biaya hidup dan operasional yang mahal. Termasuk pengeluaran untuk membayar pajak air per bulan. Beruntung ada beberapa tips hemat air di apartemen agar tagihan tak membengkak:

1. Mandi dengan Shower

Tips Hemat Air
Image: kentsmartmd.com

Desain kamar mandi apartemen memang bisa disesuaikan dengan tipe dan ukuran apartemen. Tapi salah satu cara agar kamu bisa hemat air di apartemen adalah dengan mandi menggunakan shower. Shower akan mengalirkan air dari atas ke bawah secara merata. Kamu bisa memilih jenis shower dengan tekanan air yang cepat sehingga air bisa merata ke semua bagian tubuh.

Ya, dibandingkan mandi dengan bathup, ternyata menggunakan shower lebih murah dan hemat air. Jika kamu memiliki bath up maka cukup digunakan sesekali saat ingin bersantai saja.

2. Biasakan Mandi Cepat

Banyak orang yang memiliki kebiasaan mandi yang buruk. Misalnya mandi sambil bernyanyi, terus mengguyur tubuh dengan air meskipun sudah basah merata. Bahkan kebiasaan mengulang-ulang saat memberi sabun.

Semua kebiasaan itu secara tidak langsung akan membuat air yang digunakan untuk mandi jadi lebih banyak. Kebiasaan tersebut harus dihilangkan atau minimal diperbaiki. Kamu bisa membiasakan mandi cepat dan bersih. Tipsnya adalah dengan membasahi tubuh dengan air, berikan sabun dan bersihkan lalu bilas. Dengan cara ini tubuh bersih tapi tetap hemat air di apartemen.

3. Jangan Mengguyur Air Terus Saat Mandi

Jika kamar mandi kamu menggunakan bak, cobalah untuk tidak selalu mengguyur tubuh dengan air saat mandi. Jangan sampai terus menggunakan air sembari menggunakan sabun. Termasuk juga ketika kamu sedang mencuci rambut. Jika air terus menyala maka air yang keluar sangat banyak dan pasti boros. Jadi hilangkan semua kebiasaan ini dan mandilah dengan cara yang lebih efisien.

4. Hemat Air Saat Mencuci Rambut

Cara lain yang masih berhubungan dengan cara mandi dan membersihkan tubuh yaitu mencuci rambut menggunakan air yang ditampung. Jadi hidupkan shower dan tampung air ke dalam ember.

Kemudian gunakan air dengan bijak dari ember untuk mencuci sampai membilas rambut. Dengan cara ini air yang digunakan untuk mencuci rambut jauh lebih hemat. Kamu pun jauh lebih cepat dalam membersihkan rambut.

5. Tampung Air dari Kran yang Bocor

Jika ada kran yang bocor maka sebaiknya manfaatkan supaya tidak terbuang. Caranya adalah dengan menempatkan ember di bawah kran yang bocor tersebut. Kemudian gunakan air untuk kepentingan yang lain.

Misalnya untuk mencuci baju, mencuci piring, mandi dan semua keperluan yang menggunakan air. Pastikan kamu juga berhemat dan kembali pasang ember untuk kran air yang bocor.

6. Kurangi Penggunaan Air dari Wastafel

Tips Hemat Air
Image: safetykart.com

Jika kamu memiliki kebiasaan mencuci wajah, mencuci tangan dan gosok gigi dari wastafel maka sebaiknya kebiasaan ini harus ditinggalkan. Kebiasaan menggunakan air dari kran di wastafel justru membuat pengeluaran air lebih banyak. Cara yang lebih tepat adalah dengan menampungnya di gayung dan baru menggunakannya.

7. Matikan Kran Air Saat Mencuci Piring

Tips Hemat Air
Image: theelementsofliving.com

Setelah membasahi piring yang akan dicuci, langsung saja beri sabun dan saat itu kran air sebaiknya dimatikan. Jika kamu terus menghidupkan kran air maka banyak air yang akan terbuang. Cukup kran air dihidupkan saat kamu membasahi piring dan membilas piring saja.

8. Pilih Detergen Khusus untuk Mencuci Pakaian

Saat ini sudah banyak detergen khusus yang dirancang untuk mencuci pakaian agar lebih hemat air. Kamu bisa menggunakan detergen yang sudah dilengkapi dengan pewangi dan pelembut. Keuntungannya adalah proses mencuci lebih cepat dan tidak memerlukan banyak air.

Bahkan dengan detergen khusus ini air yang digunakan untuk mencuci jauh lebih sedikit. Atau kamu bisa gunakan detergen bio-degradable agar air yang kamu gunakan bisa digunakan beberapa kali.

Baca Juga: Rincian Biaya Setiap Bulan Bila Tinggal di Apartemen

9. Kalau ada Kran yang Rusak Segera Lapor

Jika ada kran air yang rusak maka sebaiknya segera lapor ke manajemen apartemen. Bagaimanapun kran yang rusak akan membuang air secara percuma. Walaupun kamu bisa menampungnya, tetapi tetap saja bakal ada yang terbuang. Jadi segera lapor adalah pilihan yang baik sembari menampungnya dalam ember.

10. Pilih Laundry atau Mencuci Sendiri

Tips Heamt Air di Apartemen
Image: homequicks.com

Saat ini banyak jasa laundry menawarkan paket lengkap yang murah. Jika kamu tinggal sendiri maka perhitungkan, apakah lebih hemat mencuci sendiri atau menggunakan jasa laundry. Jika kamu menggunakan jasa laundry maka kamu tidak hanya bakal menghemat air, tetapi juga semua pekerjaan lain seperti menjemur dan menyetrika. Rasanya loundry menjadi pilihan yang tepat jika kamu tinggal di apartemen sendiri.

11. Bijak Menggunakan Air Saat Memasak

Saat memasak kamu juga perlu mencoba untuk menghemat air. Proses ini misalnya kamu lakukan ketika mencuci sayuran, buah, ikan, daging dan jenis makanan lain. Air yang digunakan sebaiknya dihemat sesuai dengan keperluan.

Gunakan penampungan untuk mencuci sayuran dan buah dalam jumlah banyak. Kemudian sisa air dari hasil ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Itulah beberapa tips hemat air di apartemen agar tagihan tidak membengkak. Meski terlihat sepele, jika kamu akumulasikan penghematan yang kamu lakukan dari bulan ke bulan hasilnya akan sangat lumayan. Selain itu, menghemat air juga sama artinya dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *