12 Bangunan Unik di Dunia yang Siap Dibuka Tahun 2019

Image: Curbed NY
0 5

Dunia arsitektur setiap tahunnya selalu kedatangan karya-karya baru yang unik dan mengagumkan. Di tahun 2019, ada berbagai bangunan unik di seluruh dunia yang akan selesai pembangunannya dan siap untuk diresmikan. Berikut beberapa bangunan unik di dunia yang sayang sekali bila tak Anda kenali:

1. 111 West 57th Street, New York, Amerika Serikat

Bangunan Unik di Dunia
Image: Buro Happold

111 West 57th Street dikabarkan akan menjadi bangunan pencakar langit yang paling kurus di dunia sekaligus juga bakal menjadi salah satu bangunan tertinggi di New York dengan ketinggian mencapai 1.428 kaki.

Gedung ini terletak di daerah yang disebut sebagai Billionaire’s row di Manhattan. Dari atas gedung ini dapat terlihat keindahan pemandangan Central Park dan seluruh kota Manhattan. Desain bangunan menggabungkan desain kontemporer seperti kristal dengan warna-warna tradisional seperti perunggu dan tanah liat.

2. Beijing Daxing International Airport, China

Bangunan Unik di Dunia
Image: Business Traveller

China merupakan salah satu negara dengan jadwal penerbangan yang sibuk di dunia. Bandara Beijing Capital International dikabarkan sudah penuh dengan berbagai jadwal penerbangan. Pemerintah China pun akan membangun bandara baru bernama Beijing Daxing International Airport yang dikabarkan akan menjadi terminal penumpang terbesar di dunia.

Bandara yang rencananya akan dibuka di September 2019 ini dirancang oleh almarhumah Zaha Hadid – seorang arsitek wanita di dunia yang sangat terkenal – bekerja sama dengan ADPI. Bangunan ini memiliki ciri khas ala Hadid berupa garis-garis konturnya. Selain itu cahaya alami juga dapat menembus jendela-jendela yang berada di atap.

3. Courtyard Kindergarten, Beijing, China

Bangunan Unik di Dunia
Image: Archilovers.com

MAD Architects merancang taman bermain dan taman kanak-kanak unik di Beijing, China bernama Courtyard Kindergarten. Bangunan taman kanak-kanak ini akan berisi ruang belajar, perpustakaan, teater, dan ruang olahraga.

Sedangkan bagian atap bangunan diubah menjadi taman bermain yang berwarna-warni. Pembangunan Courtyard Kindergarten memanfaatkan tempat terbatas di antara gedung-gedung lain di kota Beijing. Diharapkan taman ini dapat menyediakan tempat bermain yang luas dan menyenangkan bagi anak-anak.

4. Hunters Point Library, Amerika Serikat

Bangunan Unik di Dunia
Image: The Architect’s Newspaper

Hunters Point Library merupakan perpustakaan baru di Queens, New York, Amerika Serikat. Pembangunan perpustakaan ini direncanakan akan selesai di tahun 2019.

Desain dinding luar perpustakaan berwarna aluminium dengan penempatan jendela-jendela besar yang sekilas terlihat tidak beraturan. Di bagian timur bangunan terdapat taman yang bisa digunakan sebagai tempat membaca bagi pengunjung. Dari bangunan ini, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota dan East River.

5. M+, Gedung Museum di Hong Kong

Bangunan Unik di Dunia
Image: Dezeen.com

M+ merupakan museum baru di Hong Kong yang akan dibuka pada tahun 2019. Museum ini akan memamerkan karya seni visual kontemporer abad 20 dan 21. Museum ini juga diharapkan akan menjadi pusat pameran seni, desain arsitektur, dan film di Asia.

Gedung M+ akan menjadi museum seni kontemporer yang terbesar di dunia. Bangunan horizontal seluas 17.000 meter persegi akan menampung ruang pameran, teater, toko, kafe, dan teras atap.

Selain itu, akan ada pula bangunan menara museum yang akan menampung perpustakaan, arsip, pusat studi, kantor, restoran, dan dapat menampilkan karya film atau gambar bergerak.

6. Museum Kistefos, Norwegia

Bangunan Unik di Dunia
Image: Instagram.com/kistefosmuseet

Museum Kistefos atau Kistefos Museet di Norwegia mengembangkan bangunan baru yang didesain oleh biro arsitektur BIG. Bangunan yang akan dibuka di 2019 ini terletak di Jevnaker, Norwegia.

Bangunan baru Museum Kistefos berada di atas sungai Ranselsa. Hal ini bertujuan agar dapat menghubungkan dua bagian dari taman patung Kistefos, yang sebelumnya hanya dihubungkan oleh jembatan kayu. Tak heran bangunan ini digambarkan sebagai jembatan berpenghuni.

7. Nhow Amsterdam RAI Hotel, Belanda

Bangunan Unik di Dunia
Image: Instagram.com/redderingp

Nhow Amsterdam RAI Hotel Belanda didesain oleh OMA (Office for Metropolitan Architecture), lembaga arsitektur yang berpusat di Rotterdam. Hotel dengan tinggi 300 kaki dan berkapasitas 650 kamar ini akan menjadi hotel terbesar di Belanda.

Bangunan ini memiliki desain yang cukup unik. Keunikannya terletak pada bentuk bangunan yang terlihat dari tiga buah desain prisma segitiga yang bertumpuk. Menarik, ya!

Baca Juga: 5 Apartemen Terunik di Dunia dengan Desain Tak Biasa)

8. Panda House, Denmark

Bangunan Unik di Dunia
Image: Instagram.com/theb1m

Proyek pembangunan Panda House di Denmark ini direncanakan akan selesai bersamaan dengan datangnya dua ekor Panda dari China. Panda House dibangun di kebun binatang Kopenhagen, Denmark. Desain bangunan khusus dibuat berbentuk seperti lingkaran di antara bangunan-bangunan lain yang sudah lebih dulu ada. Setelah proyek ini rampung, tampilannya akan sangat menawan dan patut masuk dalam daftar bangunan unik di dunia.

Terlebih lagi, desain bangunan ini diusung oleh firma arsitektur BIG (Bjarke Ingels Group). Karakteristik unik yang akan ditonjolkan yaitu bentuk lingkarannya yang mirip dengan simbol Yin dan Yang. Rumah baru bagi panda ini memang menggabungkan ruang tertutup dan terbuka, yang dilengkapi dengan hutan bambu.

9. Perspektivenweg, Austria

Bangunan Unik di Dunia
Image: tt.com

Perspektivenweg merupakan salah satu proyek dari Snøhetta, perusahaan arsitektur yang berpusat di Oslo, yang akan selesai pada tahun 2019. Proyek ini terdiri dari penempatan berbagai instalasi di pegunungan sekitar Inssbruck, Austria.

Instalasi bangunan-bangunan ini berfungsi sebagai tempat istirahat para pendaki gunung. Dari sini, para pendaki dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Mereka dapat mendapatkan pengalaman mendaki yang baru dan berbeda dibandingkan saat pergi ke pegunungan lain.

10. Tainan Axis, Taiwan

Bangunan Unik di Dunia
Image: mvrdv

Tainan Axis juga patut masuk dalam list bangunan unik di dunia yang akan menjadi daya tarik negara Taiwan. Proyek Tainan Axis dipegang oleh biro arsitektur berbasis Rotterdam MVRDV bekerja sama dengan biro arsitektur lokal Taiwan The Urbanist Collaborative dan LLJ Architects. Proyek ini bertujuan untuk membangun kembali bangunan terlantar mal China-town.

Ciri utama desain dari proyek ini yaitu membuat taman kota yang dilengkapi dengan cekungan, danau, jalan setapak, pepohonan, dan pantai. Untuk menarik pengunjung, dalam taman ini juga akan dilengkapi dengan kios dagangan, pusat informasi turis, kedai teh, dan galeri seni.

11. The Shed, Amerika Serikat

Bangunan Unik di Dunia
Image: Untapped Cities

The Shed terletak di West Side Manhattan, Amerika Serikat. Bangunan unik di dunia ini akan dijadikan sebagai tempat pameran seni dan budaya.

The Shed terdiri dari aula utama di dalam konstruksi baja yang dapat bergeser sepanjang jalurnya. Selain itu, terdapat pula ruangan untuk pameran dan panggung pertunjukan berbagai pentas seni. Ciri khas dari bangunan ini yaitu terdapat ruang pertunjukan dengan atap yang bisa dilepas sehingga memungkinkan adanya pertunjukkan di dalam dan luar ruangan.

12. Vessel/Hudson Yards Staircase, Amerika Serikat

Bangunan Unik di Dunia
Image: The Architect’s Newspaper

Vessel, yang dikenal juga dengan nama Hudson Yards Staircase terletak di Manhattan, Amerika Serikat sebagai bagian dari proyek pengembangan Hudson Yards. Melihat dari tampilannya, tentu Vessel patut masuk dalam list bangunan di dunia ini.

Struktur dari bangunan berbentuk seperti sarang lebah. Terdiri dari 154 rangkaian tangga, 2500 anak tangga, dan 80 teras, bangunan ini memungkinkan pengunjung untuk mendaki dan menjelajah. Vessel akan menjadi landmark baru Manhattan. Keunikannya menawarkan pemandangan dan perspektif baru bagi para pengunjung.

Melihat keunikan dan nilai yang diangkat untuk tiap bangunan unik di dunia ini tentu membuat kita semakin penasaran. Untuk Anda yang sedang berlibur ke negara tersebut, tak ada salahnya mengunjungi bangunan ini untuk saksikan langsung keindahannya. Namun jangan sampai lupa, beberapa bangunan di atas masih harus menunggu hingga pembangunannya selesai terlebih dahulu, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.