12 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Apartemen Studio

Furniture Minimalis

Menghuni apartemen studio membutuhkan kecerdasan dalam mengelola ruang yang sempit agar dapat menampung segala furniture yang dibutuhkan. Karena ukurannya yang tidak luas, maka furniture yang diperlukan juga harus lebih mengutamakan manfaatnya. Berikut adalah 12 furniture minimalis yang cocok untuk kamu jika menghuni apartemen studio.

1. Tempat Tidur yang Memiliki Laci

Furniture Minimalis
Image: b2cfurniture.com.au

Gunakanlah tempat tidur yang mempunyai laci ketika memutuskan untuk tinggal di apartemen studio. Hal ini akan membantumu kelak ketika pakaian semakin banyak dan ruang untuk menambah lemari sangat terbatas.

Kamu bisa memanfaatkan laci tersebut untuk menyimpan pakaian dan juga sepatu. Bahkan buku-buku atau barang lain juga bisa. Jadi selain berfungsi sebagai tempat tidur juga dapat menjadi tempat penyimpanan pakaian.

2. Meja yang Tergantung di Dinding

Furniture Minimalist
Image: Pinterest/maliva

Ide penggunaan furniture ini cukup meminimalisir penggunaan ruang yang kamu perlukan untuk meletakkan meja. Kalau sebelumnya kamu memakai meja yang umum diletakkan di atas lantai, maka cobalah inovasi ini yang dijamin tidak jauh berbeda tetapi mempunyai nilai manfaat yang lebih.

Meja yang tergantung di dinding ini dapat kamu jadikan sebagai meja untuk belajar. Jadi di atasnya bisa kamu letakkan notebook, buku, berkas, dan keperluan belajar atau kantor lainnya. Furniture ini merupakan salah satu yang wajib kamu miliki, ya.

3. Rak Custom

Furniture Minimalist
Image: Pinterest

Penggunaan rak custom sebagai furniture di apartemen juga banyak membantu, lho. Kamu dapat menyimpan berbagai perabot, majalah, buku, sampai pernak-pernik di rak ini. Berbagai pajangan juga dapat kamu tata dengan lebih leluasa di atasnya seperti lampu dan vas bunga.

4. Dresser Vertikal

Furniture Minimalis untuk Apartemen
Image: thosmoser.com

Dibanding menggunakan lemari berukuran besar yang banyak mengambil ruang, lebih baik kamu memilih dresser vertikal. Ruang yang dibutuhkan untuk furniture ini juga tidak terlalu banyak, jadi sangat cocok untuk apartemen studio. Kamu tinggal menata pakaian ke dalam dresser saja.

5. Sofa Lipat

Furniture Minimalis
Image: Pinterest/living in a shoe box

Tahukah kamu kalau sofa lipat memiliki nilai fungsi yang banyak? Fungsi utamanya memang sebagai sofa untuk bersantai saat nonton film, tetapi pada kesempatan lain juga dapat kamu sulap menjadi tempat tidur yang nyaman, lho.

Oleh sebab itu ketika memilih sofa pastikan material yang kamu pilih nyaman untuk digunakan. Selain itu kamu juga bisa mengatur kemiringannya, menyesuaikan dengan kebutuhan agar terasa lebih rileks.

6. Meja Makan Kecil

Furniture Minimalis
Image: Pinterest/magnet.co.uk

Kamu dapat memilih meja makan yang berukuran kecil dengan stool serta daun meja lipat. Letakkan meja makan ini di area sudut ruangan agar tidak terlalu banyak mengambil tempat. Pilihan ini benar-benar minimalis dan lebih mengutamakan fungsi.

Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan bangku ketika hendak makan. Selain itu pilihlah meja yang memiliki laci agar dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan makan seperti serbet dan sebagainya.

7. Kursi Lipat

Furniture Minimalis
Image: Pinterest/designlisticle

Kursi lipat juga dapat membantumu jika tiba-tiba membutuhkan kursi tambahan di apartemen. Karena kalau menggunakan kursi biasa, ruang yang dibutuhkan juga pasti lebih banyak, sedangkan kondisinya kurang memadai. Jadi kursi lipat menjadi pilihan yang paling cocok.

Ketika digunakan kamu dapat menyimpan benda seperti remote televisi di saku yang berada di samping kursi. Sedangkan jika sedang tidak diperlukan kamu bisa melipatnya dan menyimpan kursi ini di bawah tempat tidur atau di dalam lemari. Hal ini bertujuan agar keberadaannya tidak terlihat dan tidak mengganggu.

8. Ottoman dengan Fungsi Ganda

Furniture Minimalis
Image: Walmart

Menghuni apartemen studio memang membutuhkan pertimbangan yang baik ketika memilih furniture. Salah satu furniture minimalis yang juga mempunyai nilai manfaat besar adalah ottoman. Oleh sebab itu pilihlah ottoman yang memiliki fungsi ganda.

Misalnya ottoman yang dilengkapi dengan area penyimpanan, jadi kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan selimut, bantal, atau bahkan buku-buku. Kamu juga bisa memilih ottoman yang dapat merangkap sebagai coffee table atau meja makan.

9. Gantungan Sudut

Furniture Minimalis
Image: Pinterest.com/curbly

Salah satu kekurangan menggunakan dreeser vertikal adalah pakaian tidak dapat digantung. Tetapi tenang saja, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan gantungan sudut sebagai ganti.

Gantungan ini dapat kamu susun dengan deretan vertikal, jadi ruang yang diambil lebih sedikit. Agar lebih memininalisir ruang, pasang gantungan ini di sudut ruangan seperti di dekat tempat tidur atau di dekat pintu.

Baca Juga: Intip Deretan Ide Furniture Multifungsi untuk Apartemen Anda

10. Rak Melayang

Furniture Minimalis
Image: Pinterest.com/apartmenttheraphy

Menggunakan furniture berupa rak melayang di dalam apartemen studio dapat membantu agar benda-benda milikmu tidak berantakan. Penggunaan rak melayang ini juga tidak memakan banyak tempat, karena letaknya yang menempel ke dalam dinding.

Kamu bisa meletakkan foto, vas, atau buku di rak ini. Tidak hanya berfungsi untuk meminimalisir pemakaian ruangan, rak ini juga dapat menambah kesan indah pada apartemenmu, lho.

11. Storage Dinding

Furniture Minimalis
Image: dwell.com

Storage dinding dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk menyimpan perintilan seperti kunci, berbagai surat dan undangan, bahkan topi dan jaket. Tidak perlu pusing memikirkan area untuk memasang storage, kamu bisa menempatkannya di mana saja kok.

Salah satu letak paling bagus untuk memasang furniture ini yaitu di dekat pintu agar mudah terjangkau.

12. Tangga yang Bersandar di Dinding

Furniture Minimalis
Image: Pinterest

Apa manfaat dari tangga yang diletakkan bersandar pada dinding? Kaum hawa mungkin paling paham untuk ini. Fungsi furniture minimalis ini yaitu untuk menyimpan scarf, selimut, handuk, dan kerudung. Kamu juga bisa menambahkan gantungan berbentuk S untuk menggantungkan pakaian dan tas.

Nah itulah 12 furniture minimalis yang cocok untuk digunakan di dalam apartemen studio. Tertarik memiliki salah satunya?

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *