12 Merk AC Terbaik Paling Hemat Listrik Cocok Buat Rumah dan Apartemen

Demi kenyamanan hunian kamu, jangan sampai salah pilih merk AC.

Untuk penggunaan sehari-hari di rumah maupun apartemen, tentu saja pemilihan AC perlu diperhatikan. Mengingat konsumsi dayanya cukup besar, tentu kamu tidak menginginkan tagihan listrik melonjak karena salah memilih AC, kan?

Beberapa merk AC di bawah ini bisa menjadi referensi terbaik untuk rumah dan apartemen. Sejumlah pabrikan dari Jepang maupun Tiongkok mendominasi sebagai merk AC terbaik untuk hunian. Selain hemat energi tentu saja dari segi harga dan spesifikasinya terbilang menarik.

1. Daikin 

Merk AC Berkualitas
Image: diagramschematic.us

Desain serian AC Daikin ini cocok untuk ruangan kantor, apartemen, hingga kamar. Sebab tampilannya didesain begitu menarik dan modern. Tak hanya kemampuannya dalam menghemat listrik, penggunaannya pun tahan lama dan ramah lingkungan.

Hadir dengan garansi spareparts 3 tahun dan resmi 1 tahun, AC berkapasitas 1/2PK ini dibandrol dengan harga Rp 3.450.000.

2. Sharp 

Merk AC Berkualitas
Image: pusatreview.com

Merk Sharp dikenal dengan teknologi powerfull nya. Termasuk untuk serian pendingin ruangan satu ini. Powerful Jet Stream nya bermanfaat untuk menghadirkan embusan udara yang cepat dingin. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fitur Auto Swing yang akan membuat embusan angin terasa lebih sejuk.

AC dengan harga Rp 2.925.000 ini memiliki kapasitas 1/2PK yang terbilang cocok untuk rumahtangga. Selain menghadirkan garansi resmi 1 tahun dan spareparts 3 tahun, konsumsi dayanya pun cukup bersaing. Yakni sebesar 390 W.

3. Samsung 

Merk AC Terbaik
Image: Bukalapak

Untuk ruangan mungil seperti kamar atau apartemen, jenis AC ini tergolong cocok untuk kamu miliki. Selain konsumsi listriknya hanya 360 W, produk pendingin ini juga terbilang ramah lingkungan dengan hadirnya Freon R410. Fast Cooling pun diusungnya sehingga udara sejuk mengalir lebih cepat.

AC dengan garansi resmi 1 tahun dan sparepart 3 tahun ini memiliki tenaga kuda 0,5 yang tergolong cukup kuat. Harganya pun cukup terjangkau, yakni kisaran Rp 2.550.000.

4. Panasonic

Merk AC Terbaik
Image: HargaPM.com

Seri Panasonic satu ini didesain dengan tampilan elegan sehingga interior ruangan pun tampak lebih menarik. AC dengan tenaga kuda 0,5 ini dibekali dengan fitur hemat daya listrik dengan konsumsi daya nya sebesar 380 W. Selain mengadirkan unit indoor dan outdoor, jaminan garansinya pun cukup memuaskan yakni selama 1 tahun.

Berikut spesifikasi lengkap untuk serian AC Panasonic satu ini:

  • Berat 33 kg
  • Ukuran (L x W x H cm) = 80 x 20 x 30
  • Remote dan buku panduan
  • Standard Deluxe 1/2PK
  • Sparepart & 3 tahun kompresor
  • Harga Rp2.850.000

5. Gree

Merk AC Terbaik
Image: Lazada

Merk asal Negeri Tirai Bambu ini termasuk ke dalam AC berkualitas namun terjangkau harganya. Meskipun dibanderol dengan harga yang ramah kantong, Gree tetap mengedepankan teknologi dan fitur baru pada tiap produknya. Salah satunya adalah hadirnya Frozen Power yang 30% lebih cepat mampu mendinginkan ruangan.

Untuk urusan listrik, ada fitur ECO Friendly yang dapat menjamin konsumsi daya agar tetap terkontrol. Salah satu serian terlaris dari Gree adalah U-Crown Deluxe Inverter dan Low Wat COO Series.

6. LG

Merk AC Terbaik
Image: servicebatam.com

LG merupakan salah satu merk produk elektronik terbaik di Indonesia. Tentu AC yang diproduksinya bisa masuk ke pertimbangan kamu. Beberapa seri AC LG sudah dibekali dengan Ionizer Sterilization yang berfungsi mensterilisasi bakteri dan deodorasi hingga 99,9%.

Tampilan lebih cantik bisa kamu jumpai pada seri LG D10SMV di mana panelnya didesain tersembunyi. Cocok untuk desain hunian minimalis kamu. LG juga menghadirkan fitur lain seperti Jet Cool yang mampu mendinginkan ruangan lebih cepat. Pengaturan suhunya pun lebih mudah dengan fitur Active Energy Control. Cara kerja fitur tersebut dengan mengatur tingkat konsumsi listrik dan kapasitas pendinginan secara lebih efektif.

7. AUX

Merk AC Terbaik
Image: hargapm.com

Dari segi kualitas, AC AUX terbilang bagus namun kurang dikenal di Indonesia. Merk satu ini tak hanya menyediakan AC Split untuk rumah dan apartemen. Namun juga floorstanding, komersial, hingga portable. Salah satu keunggulan merk AC ini adalah material yang digunakannya. Material utamanya mampu menjamin mesin dalam maupun luar terhindar dari karat.

Tersedia juga fitur Multi Fan Speed yang berfungsi mempercepat udara yang dikeluarkan AC lebih cepat dingin. Tentu saja jaminan hemat energi bisa kamu dapatkan untuk semua tipe AC merk AUX ini.

8. Mitsubishi

Merk AC Terbaik
Image: getprice.com.au

Mitsubishi Electric sejatinya bukan pemain baru di pangsa elektronik. Meskipun perusahaan asal Jepang ini dikenal dengan merk kendaraan bermotornya. Tentu saja pendingin ruangan produksinya tak perlu kamu ragukan kualitasnya. Memang brand kenamaan ini menyediakan jenis AC split. Namun produk AC komersialnya lebih terkenal.

Baik pada AC split maupun tirai udaranya sama-sama mengusung teknologi I See Sensor. Teknologi tersebut mampu memberikan realisasi kontrol AC secara lebih baik sehingga kinerjanya lebih optimal.

Baca Juga: 12 Merk Spring Bed Terbaik Paling Berkualitas

9. Changhong

Merk AC Terbaik
Image: serverharga.com

Dikenal dengan harganya yang murah, pabrikan AC asal Tiongkok ini bukan berarti memiliki kualitas yang murahan. Terbukti dari kondensor AC nya yang memiliki sifat logam mulia emas. Fungsinya untuk mencegah debu, karat, dan membuat masa pakainya lebih tahan lama.

Tampilan luarnya pun tampak lebih canggih dan menarik dengan hadirnya indikator LED. Teknologi Auto Clean juga diusungnya. Fungsi fitur tersebut agar pada saat kamu mematikan AC, selama tiga menit pendingin akan mati sendiri agar jamur dan bakteri tidak berkembang.

10. Haier

Merk AC Terbaik
Image: acstore.com.au

AC dengan harga murah namun kualitas tetap bandel? Haier bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu. Merk satu ini memberikan banyak pilihan pendingin ruangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Teknologi Photocatalytic Filter-nya mampu mengurangi bau ruangan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fitur Intelligent Air Flow yang bermanfaat menebarkan udara dingin secara merata ke seluruh ruangan. Dari segi tampilan, pendingin ruangan merk ini pun dipercantik dengan LED Display sehingga mampu mempermanis tampilan interior kamu.

Itu dia 11 merk AC terbaik sekaligus hemat listrik untuk rumah dan apartemen. Sesuaikan pilihan berdasarkan budget dan tentu saja luas ruangan kamu. Semoga bermanfaat.

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *