12 Tips Menghadirkan Suasana Rumah dalam Apartemen dengan Mudah

Image: Homepolish
0 159

Memiliki hunian yang nyaman pasti jadi dambaan setiap orang, baik itu di rumah ataupun apartemen. Sayangnya masih banyak yang beranggapan apartemen tidak bisa memberikan kenyamanan yang sama seperti rumah. Padahal suasana homey bisa diciptakan di apartemen.

Walaupun memiliki luas yang terbatas bukan berarti apartemen tidak bisa membuat Anda betah. Suasana rumah bisa diciptakan dengan mudah, kok. Misalnya saja dengan mencontek tips menghadirkan suasana rumah di apartemen berikut ini.

1. Tambahkan karpet

Suasana Rumah di Apartemen
Image: apartmenttheraphy.com – Pinterest

Tahukah Anda peran karpet bisa mengubah suasana rumah di apartemen? Tapi Anda harus memilih karpet yang tepat sesuai dengan ukuran apartemen, selain itu pilihan motif dan warna juga bisa mempengaruhi. Fungsi lain dari karpet adalah untuk mengurangi risiko goresan pada keramik.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih karpet untuk apartemen adalah ukuran. Jika salah memilih ukuran karpet ruangan akan terasa sempit dan membuat tidak nyaman. Maka perlu hati-hati juga saat ingin menghadirkan karpet.

Tips memilih ukuran karpet yang bisa Anda ikuti adalah dengan mengukur bagian pinggir karpet tidak boleh berjarak lebih dari 2 kaki dari dinding dan tidak lebih dekat dari 6 inci. Kemudian trik lain yaitu dengan membeli karpet berukuran 2 kaki lebih pendek dibanding dinding paling kecil di ruangan Anda.

2. Gunakan tirai besar

Suasana Rumah di Apartemen
Image: springcrest.net

Tirai besar bisa mengubah suasana dalam sekejap, penggunaan tirai besar ini juga bisa membantu mendinginkan suhu ruangan apalagi saat kemarau. Tirai ukuran besar ini juga akan langsung mengingatkanmu akan suasana rumah yang nyaman dan hangat.

Jangan takut untuk memilih warna tirai yang lebih berani, misalnya saja menambahkan satu warna terang di tengah pilihan warna lembut. Ciptakan suasana yang tidak membosankan dengan tirai, Anda juga bisa menghadirkan suasana unik misalnya dengan memilih tirau dengan motif floral.

3. Atur pencahayaan

Suasana Rumah di Apartemen
Image: adelto.co.uk

Beda antara apartemen dan rumah adalah dari segi pencahayaan. Di rumah cahaya alami matahari bisa leluasa masuk, sedangkan apartemen tidak semua spot dapat mudah dimasuki oleh sinar matahari atau pencahayaan. Jadi, pintar-pintar lah mengatur cahaya.

Untuk kesan nyaman dan hangat pilih pencahayaan yang lebih redup, misalnya dengan menaruh lampu berwarna orange di kamar tidur. Pencahayaan temaram ini akan langsung mengingatkanmu pada rumah. Tapi jangan ubah semua lampu ruangan dengan pencahayaan temaram ya, Anda masih butuh cahaya terang untuk melakukan kegiataan.

4. Dekorasi pada dinding

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: thedesigncenter.com – Pinterest

Kebanyakan apartemen saat ini dindingnya dilapisi dengan wallpaper. Namun meskipun begitu, janga biarkan dinding Anda dibiarkan kosongdengan wallpaper saja. Manfaatkan dinding kosong ini untuk dekorasi, misalnya dengan memasang pigura atau menaruh benda-benda yang mengingatkanmu pada rumah. Selain itu Anda juga bisa memiih poster atau lukisan yang bisa menghidupkan suasana rumah dalam apartemen.

5. Tambahkan tanaman

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: apartementtherapy.com – Pinterest

Tips menghadirkan suasana rumah dalam apartemen berikutnya adalah dengan menambahkan tanaman untuk membuatnya lebih hidup dan nyaman. Sekarang tak sulit kok menemukan tanaman hias yang mudah dirawat di dalam ruangan. Tanaman jenis monstera bisa jadi pilihan yang baik karena perawatannya yang mudah, tanaman jenis ini tidak membutuhkan air dan sinar matahari yang terlalu banyak.

6. Pilih beberapa sofa nyaman atau bean bag

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: spewest.org

Cara paling ampuh menciptakan suasana rumah dalam apartemen adalah dengan menghadirkan sofa nyaman di hunian Anda. Seperti yang kita ketahui, rumah yang nyaman biasanya dilengkapi dengan satu set sofa yang bisa membuat betah bermalas-malasan. Apartemen tentu saja harus memiliki sofa yang nyaman atau bean bag juga bisa dijadikan pilihan. Apartemen studio juga membutuhkan sofa yang nyaman walaupun ukurannya kecil. Jika ukuran apartemenmu kecil pilih sofa yang multifungsi dan bisa dijadikan tempat tidur.

Sebelum memutuskan membeli sofa, pastikan dulu ukuran ruang yang dimiliki. Selain itu belilah sofa yang ukurannya muat dengan akses pintu masuk dan lift barang. Jangan sampai sofa yang telah dibeli malah mubazir karena tidak bisa masuk ke dalam apartemen.

7. Jangan lupakan kamar mandi

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: desainrumahnya.com – Pinterest

Selama ini kamar mandi lebih sering dilupakan dibandingkan area lainnya, padahal kamar mandi bisa menjadi ruangan yang sangat nyaman. Ciptakanlah suasana kamar mandi yang bisa membuat mood Anda bagus setiap harinya.

Tidak ada salahnya menambahkan wallpapaer atau mengecat dinding kamar mandi dengan warna yang lebih cerah. Jangan lupakan juga pernak pernik dekorasi di kamar mandi, buatlah ruang penyimpanan kecil untuk menaruh handuk atau stock peralatan mandi.

8. Tambahkan beberapa warna untuk menghidupkan apartemen

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: masterbedroomideas.eu – Pinterest

Apartemen minimalis memang sedang jadi tren tapi bukan berarti tampilan interiornya akan monoton. Pilihan warna bisa membantu apartemen terlihat hangat seperti di rumah sekaligus luas. Pilihlah warna yang membuat kesan terlihat luas misalnya dengan menambahkan akses warna turquoise di salah satu dinding.

Tekstur kayu pada dinding juga bisa membuat suasana rumah dalam apartemen. Apalagi jika digabungkan dengan warna beige yang natural. Kesan homey akan membuat Anda betah berada di apartemen.

9. Jangan salah pilih material furniture

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: home-designing.com – Pinterest

Masih banyak yang salah memilih material furniture untuk apartemen. Cara pemilihan material ini tentu saja berbeda dengan di rumah. Jika di rumah Anda bisa bebas memilih hampir semua jenis material, apartemen tidak begitu karena ada keterbatasan ruang.

Tentu tidak mau, dong, material furniture malah membuat apartemen tampak lusuh atau berat? Hindari penggunaan material logam, jika terpaksa menggunakan cobalah untuk mengubah warnanya dengan warna-warna pop seperti hijau. Tips lain yang bisa diikuti adalah dengan tidak membeli furniture dari satu toko saja.

10. Manfaatkan area balkon

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: home-designing.com – Pinterest

Punya balkon yang mengarah ke city view atau kolam renang? Jangan disia-siakan ciptakan ruang mungil untuk bersantai di area ini. Tambahan kuris dan meja kecil untuk menikmati suasana sore atau pagi hari. Balkon yang memiliki luas terbatas ini bisa disulap jadi area bersantai yang menjauhkan Anda dari penat.

(Baca Juga: 10 Ide Desain Balkon Minimalis untuk Apartemen)

11. Wewangian juga bisa mengubah mood

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: notonthehighstreet.com

Lilin aromaterapi bisa dengan mudah mengubah suasana tenang dan menghidupkan mood Anda. Bayangkan saja setelah lelah beraktivitas, Anda disambut dengan wewangian lembut yang membuat rileks. Kenyamanan bisa Anda hadirkan dengan mudah dengan memilih wewangian yang tepat. Dengan aroma yang menenangkan ini otomatis akan membuat Anda nyaman serasa suasana rumah dalam apartemen.

12. Siapkan sudut khusus untuk hobi

Suasana Rumah dalam Apartemen
Image: goldcoastinvestor.com.au – Pinterest

Anda pasti memiliki hobi tertentu misalnya saja membaca atau mengumpulkan action figure. Agar tetap merasa nyaman dan betah, Anda juga harus menghadirkan suasana pendukung hobi ini di apartemen. Jadi pilihlah sudut tertentu untuk menaruh atau menyimpan hobi Anda.

Jika senang membaca coba lah membuat rak buku yang tidak terlalu rumit. Tata buku kesayanganmu dengan cara unik misalnya dengan menyamakan warna sampul buku. Selain itu Anda yang memiliki hobi lain juga bisa membuat sudut nyaman untuk me time mengisi waktu luang. Agar semakin mirip dengan rumah jangan lupa membawa dan menaruh barang kesayangan dari rumah di sudut ini.

Mudah bukan menghadirkan suasana rumah dalam apartemen? Jika sudah melakukan tips berikut ini Anda sudah pasti tak akan merasakan homesick. Bahkan Anda akan betah berlama-lama di dalam apartemen yang ditata sedemikian rupa. (Source: Viva.co.id)

Leave A Reply

Your email address will not be published.