7 Manfaat Teknologi VR dalam Dunia Properti

Image: realtor.com
82

Dengan hanya duduk di depan meja kantor, kita sudah bisa melihat bagaimana gedung perkantoran yang bakal kita sewa. Kita bisa melihat bagaimana detail apartemen yang membuat kita jatuh hati. Inilah teknologi VR, sebuah teknologi yang bisa melihat benda 3D meski berada di tempat yang berbeda. Sebuah teknologi yang seharusnya bisa menjadi revolusi untuk kemudahan kehidupan.

Teknologi VR Property
Image: Pexels/diohner

Manfaat Teknologi VR

Di dunia properti, teknologi VR sudah banyak dimanfaatkan sebagaimana yang dilakukan oleh SpaceStock. Setidaknya, VR memberikan kita 7 manfaat dibidang properti:

1. Memberikan Gambaran Lengkap Properti yang akan Dibangun

Agen properti dapat memberikan gambaran lengkap mengenai properti yang akan dibangun untuk klien menggunakan VR. Properti yang akan dibangun disimulasikan menggunakan komputer. Klien akan melihat gambaran tersebut melalui headset VR. Apabila klien dapat melihat gambaran lengkap ini, ia akan lebih mudah mengambil keputusan untuk membeli properti.

Menjual properti yang belum dibangun memang cukup sulit. Klien biasanya ingin melihat seperti apa properti tersebut apabila sudah jadi sebelum membeli.

Dengan penggunaan VR, klien dapat melihat bayangan hasil jadi properti secara langsung dan jelas. Bagi pengembang atau agen properti hal ini tentu menguntungkan karena mereka dapat menjual properti dengan lebih cepat.

2. Memberikan Gambaran Mengenai Properti Lebih Baik daripada Gambar 2 Dimensi

Teknologi properti memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil simulasi dalam bentuk 3 dimensi. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada melihat gambaran properti dalam bentuk dua dimensi. Klien akan lebih merasa yakin akan properti tersebut karena sudah mendapatkan gambaran yang jelas.

Selain itu, saat menggunakan VR klien juga dapat melihat gambaran properti seperti sedang tur langsung ke dalam tempat tersebut. Hal ini dapat terjadi karena pengembangan teknologi VR yang baik.

3. Mengatasi Permasalahan Jarak untuk Klien yang Ingin Melihat Gambaran Properti

Pada jaman sekarang, banyak klien yang ingin membeli properti yang jauh dari tempat tinggalnya. Tentu akan sangat merepotkan apabila ia harus datang jauh-jauh untuk melihat secara langsung properti yang akan dibeli.

Adanya teknologi VR dapat mengatasi permasalahan bagi klien yang jauh seperti ini. Hal ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk orang yang ingin membeli properti di luar negeri.

Klien tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya transportasi. Mereka juga akan lebih teryakinkan untuk membeli properti walaupun tidak dapat datang secara langsung untuk melihat.

Teknologi VR Property
Image: PropertyMe

4. Memudahkan Klien untuk Melakukan Kustomisasi pada Properti

Dengan adanya teknologi VR, agen properti dapat menawarkan berbagai layout properti kepada klien. Klien dapat melihat-lihat variasi layout ini dengan jelas dan cepat.

Klien tidak perlu untuk berjalan terlalu banyak atau bepergian ke banyak tempat untuk melihat layout yang berbeda. Dengan bantuan VR, klien dapat melihat berbagai layout hanya dari satu tempat dan hanya menggunakan satu alat.

Jika ada bagian dari properti yang ingin diubah atau kustomisasi oleh klien, hal ini juga dapat dilakukan secara cepat. Misalnya jika klien ingin mengubah letak pintu atau menambahkan jumlah ruangan. Dalam hitungan beberapa saat, klien dapat langsung melihat simulasi properti yang ia inginkan.

Bagi pengembang, hal ini juga dapat memudahkan karena dapat memutuskan perubahan mana saja yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan.

5. Memudahkan Anda Melakukan Marketing Melalui Internet

Gambaran properti dalam bentuk VR tidak harus selalu dibuat kustom dan dikirimkan satu-satu kepada semua calon pelanggan. Agen properti dapat membuat VR yang dipasang dalam website perusahaannya. Calon pembeli dan seluruh pengunjung website akan mendapatkan akses yang sama ke hasil

Comments are closed.