Apartemen Panas? Ini 12 Solusi Apartemen Sejuk Tanpa Perlu AC

Image: shutterstock.com
0 96

Indonesia dengan iklim tropisnya membuat udara terasa sangat panas. Bahkan ketika sudah berada di dalam ruangan atau di dalam tempat tinggal, udara yang panas cukup mengganggu aktivitas sehari-hari di dalam hunian. Lalu bagaimana jika tinggal di apartemen? Hunian yang kini mulai mudah ditemukan ini juga memiliki masalah yang tak jauh berbeda, yaitu ruangan yang terasa panas atau gerah.

Solusi paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini sudah pasti menggunakan penyejuk ruangan seperti AC atau kipas angin. Tapi penggunaan AC atau kipas angin nyatanya bisa membuat tagihan listrik membengkak.

Lalu apakah ada solusi apartemen sejuk tanpa AC? Tentu saja jawabannya ada, Anda bahkan bisa mengurangi rasa panas atau kegerahan hingga 20-30%. Berikut adalah 12 solusi apartemen sejuk tanpa AC dengan cara paling sederhana dan murah.

1. Gunakan tirai jendela

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: Pinterest

Cara paling mudah dan terbilang murah adalah dengan menutup jendela dengan tirai. Jendela memang menjadi sumber sirkulasi udara yang baik di apartemen namun juga menjadi sumber panas. Jadi pastikan Anda memasang tirai ataupun gorden untuk mengurangi efek panas di luar ruangan.

Terutama Anda yang memiliki apartemen di unit menghadap Barat atau Selatan, penggunaan tirai ini bisa mengurangi suhu udara hingga 20 derajat. Pastikan tirai atau gorden yang Anda beli berbahan linen atau katun agar ruangan terasa lebih sejuk.

2. Perhatikan posisi pintu

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: Archdaily.com – Pinterest

Apartemen memliki ruangan yang sangat terbatas, terlebih jika Anda memiliki apartemen studio yang hanya mengandalkan satu ruangan. Jika sudah begini Anda memang harus pintar-pintar menyiasati sirkulasi udara yang masuk ke ruangan.

Cobalah untuk sesekali membuka pintu yang mengarah ke lorong, selain itu pastikan juga pintu tidak menghalangi sirkulasi udara alami. Solusi apartemen sejuk tanpa AC ini dapat dengan mudah diterapkan setiap hari untuk Anda.

3. Gunakan bahan seprei yang tepat

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: linenroom.com.au

Mungkin hal ini terlihat sangat sepele, padahal pemilihan bahan seprei yang tepat bisa mengatasi kegerahan yang Anda rasakan. Saat berada di apartemen kemungkinan besar Anda akan menghabiskan waktu di atas ranjang atau kasur. Ruangan yang sempit membuat Anda tidak memiliki banyak pilihan, jadi pastikan kasur Anda menggunakan seprei berbahan tepat.

Bahan seprei yang terkenal sejuk adalah katun tencel, jenis katun ini jadi salah satu bahan terbaik yang bisa memberikan efek dingin. Harga seprei dari katun tencel ini memang agak mahal tapi worth it untuk dibeli karena efeknya yang bisa menyejukkan.

4. Gunakan exhaust fan

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: whereishemsworth.com

Jangan lupa untuk memasang exhaust fan di area kamar mandi dan dapur. Pasalnya, kedua area ini bisa menjadi sumber panas di dalam apartemen Anda. Pemasangan exhaust fan diketahui bisa mengurangi rasa panas atau gerah setelah ruangan ini digunakan. Exhaust fan bertugas menarik udara panas yang naik setelah kamar mandi dan dapur digunakan.

5. Buka jendela saat malam hari

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: videoblocks.com

Saat kemarau suhu udara memang akan terasa lebih panas, tentu saja hal ini akan berdampak pada suhu di dalam ruangan. Terlebih jika Anda memiliki apartemen di daerah yang terkenal dengan cuaca yang cukup panas, misalnya dekat dengan pantai atau pemukiman padat penduduk.

Tapi tenang, Anda masih bisa mengakali situasi ini saat kemarau datang. Cobalah untuk membuka jendela saat malam hari, jika apartemen Anda berada di lantai yang cukup tinggi maka akan sangat menguntungkan. Seperti yang sudah diketahui  ketinggian lantau apartemen ini biasanya memiliki angin yang lebih kencang. Tapi ingat ya saat pagi hari jangan lupa menutup jendela kembali.

6. Jangan gunakan lampu pijar

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: 1stdibs.com – Pinterest

Sekarang ini memang sudah jarang ditemukan lampu pijar, tapi coba deh perhatikan kembali jenis lampu yang digunakan. Jika masih menggunakan lampu pijar, ini saatnya Anda beralih. Gunakanlah jenis lampu neon yang mereduksi panas, perubahan kecil ini justru akan sangat berpengaruh pada suhu ruangan Anda.

7. Meminimalisasi penggunaan kompor

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: jonnylives.com

Ini juga bisa menjadi solusi apartemen sejuk tanpa AC termudah untuk Anda, usahakanlah mengurangi penggunaan kompor. Ini bukan artinya Anda dilarang untuk memasak tapi pilih waktu yang tepat. Cobalah untuk memasak saat malam hari atau pagi hari saat udara di luar ruangan masih terasa sejuk.

8. Buatlah tempat tidur senyaman mungkin

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: Home Scoop

Anda tidak bisa tidur saat ruangan terasa gerah atau panas? Jika tidak ingin merasakan hal ini, Anda punya beberapa pilihan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menciptakan tempat tidur yang nyaman, cara ini bisa membuat suasana panas keluar dari ruangan.

Pilihlah cat warna yang membuat ruangan terasa sejuk, hindari warna-warna bold seperti merah terang. Warna lembut atau kalem bisa mengurangi panas yang ada di dalam ruangan. Hal lain yang bisa membantumu mengatasi panas di ruang tidur adalah dengan tidak menaruh banyak barang, pilih furniture atau barang yang benar-benar dibutuhkan.

9. Investasi dengan menambahkan kaca film di jendela

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: Old House Journal

Sama halnya dengan mobil, kaca film juga bisa Anda gunakan untuk jendela. Jika Anda berencana tidak menggunakan AC atau meminimalisir penggunannya, kaca film bisa menjadi solusi jangka panjang. Penggunaan kaca film ini telah terbukti bisa mengurangi udara panas di dalam ruangan.

10. Cobalah menaruh tanaman di dekat jendela

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: balconygardenweb.com

Melakukan perubahan kecil yang satu ini juga bisa membawa dampak yang cukup besar di apartemen Anda. Cobalah untuk membeli tanaman untuk membuat sirkulasi udara lebih dingin. Tidak perlu tanaman yang besar Anda bisa memilih tanaman hias yang perawatannya mudah.

Rekomendasi tanaman hias yang cocok dipelihara di apartemen diantaranya adalah lidah mertua atau monstera. Kedua tanaman ini terbilang tidak rewel terutama untuk di dalam ruangan. Letakkan tanaman hias ini di dekat jendela agar mendapatkan sinar matahari yang baik sekaligus mengatur sirkulasi udara.

(Baca Juga: 11 Tanaman Hias dalam Apartemen untuk Mempercantik Ruangan)

11. Perhatikan suhu tubuh

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: youngandraw.com

Bukan hanya suhu ruangan saja yang perlu Anda perhatikan. Anda juga wajib memperhatikan suhu tubuh karena hal in akan sangat berpengaruh. Jika Anda terasa gerah atau sangat panas, plus cara di atas tidak terlalu membantu, Anda harus mendinginkan suhu tubuh.

Caranya cobalah untuk meminum-minuman dingin atau mengompres bagian tubuh dengan air dingin. Cobalah kompres dingin leher dan pergelangan tangan, dua titik ini bisa membantu mengurangi suhu tubuh.

12. Kurangi penggunaan barang elektronik

Apartemen Sejuk Tanpa AC
Image: wowmenariknya.com

Ini juga bisa Anda lakukan sekarang juga, barang elektronik memproduksi panas. Jadi mengurangi penggunaan barang elektronik bisa menjadi solusi apartemen sejuk tanpa AC. Cobalah untuk mengurangi penggunaan barang elektronik di dalam apartemen. Jika terpaksa menggunakan banyak barang elektronik cobalah untuk mengatur waktu pemakaian.

Jika solusi apartemen sejuk tanpa AC yang disebutkan belum berhasil, Anda bisa memanfaatkan kipas angin. Gunakan kipas angin dengan arah berlawan arah jarum jam. Cara lainnya cobalah mengisi ember atau baskom berisi es batu dan taruh di dekat kipas angin.

Kipas angin dengan es batu ini bisa membuat ruangan terasa jauh lebih sejuk. Cara ini juga bisa menekan tagihan listrik karena kipas angin memiliki daya yang lebih sedikit dibandingkan AC. Pastikan juga Anda meletakan AC manual yang terbuat dari kipas angin ini di pojok ruangan atau tempat strategis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.