Berkreasi Buat Furnitur Sendiri untuk Menghemat Biaya di Rumah

Buat Furniture DIY

Kamu sudah bosan dengan tampilan furnitur di rumah? Atau kamu baru saja memulai kehidupan rumah tangga dan ingin sekali memiliki furnitur yang menarik dan membuat betah di rumah? Tentunya kamu harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan sebuah furnitur bagus.

Namun bagaimana jika keadaan finansial tidak mendukung keinginan mendekorasi rumah agar terlihat baik? Nah, cara terbaiknya adalah menggunakan kreativitas kamu buat furniture DIY di rumah. Tak perlu khawatir, SpaceStock berikan inspirasi furniture D.I.Y. (Do it Yourself) agar terlihat jauh lebih bagus dan enak dipandang meskipun harganya tidaklah mahal.

[lwptoc title=”Inspirasi Furniture DIY yang Menarik”]

1. Buat meja dari rangka aluminium

Buat Furniture di Rumah
Image: Pinterest

Aluminium panjang berlubang yang biasanya digunakan untuk membuat rak juga bisa digunakan untuk membuat meja. Kamu bisa menyatukan aluminium ini hingga berbentuk rangka kubus atau balok. Kemudian kamu bisa letakkan papan kayu yang sudah diplitur atau kaca bening. Taruh beberapa hiasan seperti vas bunga agar meja buatan terlihat lebih menarik dan ruang tamu rumah otomatis terlihat lebih indah.

2. Gunakan pintu kayu untuk membuat meja seperti ini

Kreasi Furniture DIY
Image: stylemotivation.com

Jika kamu punya pintu bekas yang tidak terpakai, kamu bisa rombak pintu tersebut menjadi meja ruang tamu seperti di gambar. Kamu bisa minta tolong pada tukang kayu langgananmu uintuk menambahkan beberapa kayu agar bisa menjadi perekat kaki meja dan kaca agar terlihat indah. Tentunya kayu yang digunakan diplitur terlebih dahulu agar terlihat lebih mengkilap.

3. Buat keset unik dari batu kali

Kreasi Furniture DIY
Image: goodshomedesign.com

Ide berikutnya ini bisa jadi hal menarik untuk salah satu peralatan rumah kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah beli lem kuat, beberapa batu kali berwarna hitam danĀ grip liner. Kemudian tempelkan batu kali diatas grip liner menggunakan lem kuat. Diamkan beberapa saat hingga batu kali benar-benar terekat erat dengan grip liner. Selain terlihat unik, aura alam akan terasa melalui batu-batu kali.

4. Gunakan kayu bekas untuk rangka tempat tidur

Image: caraunik.info

Dengan kayu bekas, kamu bisa buat rangka tempat tidur untuk menopang kasurmu. Buat hingga membentuk kerangka tempat tidur dan gunakan kayu yang kuat sebagai alas agar kasur yang kamu letakkan tidak membuat rangka tempat tidurmu rusak. Jika rangka tempat tidurmu memiliki rongga atau ruang kosong, kamu bisa manfaatkan untuk membuat laci di bawah tempat tidur.

5. Buat gantungan lampu sendiri

Buat Furnitur Sendiri
Image: prelo.co.id

Coba buat furniture DIY dengan menggunakan kayu bekas untuk plafon gantungan lampu. Buat kerangka plafon berbentu persegi panjang terlebih dahulu. Kemudian pasang lampu di setiap bilah papan kayu. Jika agak sulit, kamu bisa menggunakan kayu rotan untuk hiasan lampu rumah yang sudah terpasang. Untuk membuatnya cukup mudah, pertama tiup balon yang akan digunakan sebagai cetakan. Beri lem plamir atau tacky glue agar balon tidak meletus, kemudian tutup permukaan balon dengan tali kayu rotan. Setelah terbentuk, letuskan balon dengan jarum dan keluarkan balon dari kerangka.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Kantor Ini Bisa Diterapkan dalam Perusahaan

6. Buat meja dan kursi dari kayu palet

Buat Furniture Sendiri
Image: architecturendesign.net

Kesan rustic begitu terasa ketika kamu membuat meja dan kursi dari kayu palet. Buat hingga menyerupai meja dan kamu bisa memberi cat, pernis atau plintur agar meja terlihat lebih terang dan serat-serat pada kayu bisa terlihat. Sama halnya dengan kursi, cukup paku setiap kayu hingga berbentuk seperti kursi. Kemudian pernis atau plintur agar terlihat lebih cerah. Tambahkan bantalan sebagai hiasan agar terlihat lebih menarik.

7. Buat tempat duduk dari batako dan balok kayu

Buat Furnitur Sendiri
Image: goodshomedesign.com

Membuatnya tidak memerlukan bahan yang rumit. Pertama, letakkan tumpukan batako pada dua bagain dan gunakan semen sebagai perekat agar batako tidak bergerak. Kemudian hubungkan tumpukan batako ini dengan beberapa balok kayu melalui lubang pada batako. Beri cat pada batako (lakukan sebelum kayu dimasukkan melalui batako) dan plintur balok kayu agar terlihat lebih cerah dan menarik.

8. Buat laci dari koper bekas

Buat Furnitur Sendiri
Image: Zazuminc.com

Jika kamu memiliki laci rusak dan ingin menggantinya dengan yang baru, kamu bisa coba cara ini. Kamu hanya membutuhkan koper bekas dan kaki meja. Cara membuatnya, kamu perlu mempersiapkan kayu tripleks dan potong mengikuti bentuk koper. Lubangi triplek di setiap sudut agar nantinya kaki meja bisa masuk. Setelah itu sambungkan kaki meja pada lempengan penyambung pada koper.

9. Penyimpanan file dari kardus

Buat Furniture DIY
Image: aliexpress

Tidak perlu beli, kamu bisa membuat boks file sendiri dari kardus yang yang tidak terpakai. Pilih kardus yang tebal dan agak kuat agar boks file buatanmu tidak mudah rusak. Kamu bisa mulai dengan memotong kardus mengikuti bentuk boks file pada umunya, kemudian beri cat warna atau kertas kado agar terlihat lebih menarik. Untuk memperkuat boks file, beri pemberat di bagian bawah dalam boks file agar nantinya boks file buatanmu bisa menampung dokumen dan buku-buku.

10. Buat rak sepatu, gantungan baju, dan rak bunga dari kayu bekas

Buat Furniture DIY
Image: digsdigs.com

Masih dengan kayu bekas, kamu bisa membuat beberapa perabotan dari kayu bekas. Jadinya kamu tidak perlu membeli perabotan tambahan. Kamu bisa membuat rak sepatu dengan mengumpulkan beberapa kotak kayu bekas. Dengan kayu bekas kamu juga bisa membuat gantungan baju. Cukup paku papan hingga membentuk sebuah alas dan beri cat agar terlihat unik. Kemudian beri paku atau alat untuk menggantung pakaiannya nantinya. Papan yang dipaku membentuk alas juga bisa digunakan untuk rak tanaman. Tentunya beri celah agar tanaman nantinya bisa ditaruh di rak bunga.

Itulah beberapa inspirasi buat furniture DIY yang bisa kamu lakukan di rumah. Meskipun hasil kreasi sendiri, bukan berarti furniture yang akan kamu buat terlihat tak menarik dan gagal. Justru akan punya esensial tersendiri ketika berhasil membuatnya. Yuk berkreasi sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *