Generasi Milenial: Investasi Properti, Kenapa Tidak?

Image: finroll.com
0 135

Usia muda merupakan usia produktif untuk memulai karir, mengembangkan karir, dan melakukan investasi. Peluang untuk dapat mengembangkan potensi pada usia muda tentunya tidak akan datang dua kali. Hasil dari setiap pengembangan potensi yang diperoleh, kerap kali berlalu begitu saja. Oleh karena itu, saat ini tidak sedikit dari generasi muda yang sudah mulai melakukan inventasi sejak dini.

Inventasi ini dilakukan untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah. Salah satu investasi yang cukup mudah bagi anak muda saat ini adalah investasi apartemen. Kenapa apartemen? karena apartemen merupakan salah satu tipe tempat tinggal yang simpel, praktis, dan harga yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan rumah. Selain itu, desain yang dimiliki apartemen saat ini cukup minimalis dengan design yang sesuai dengan gaya hidup saat ini dan nilai return sewanya cukup tinggi.

Untuk bisa mewujudkan investasi properti ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dulu bagi para generasi milenial saat ini, beberapa diantaranya:

1. Kesampingkan kebutuhan tersier Anda

Kebutuhan tersier merupakan salah satu kebutuhan yang mengutamakan kemewahan dan kesenangan Anda. Biasanya, kebutuhan tersier ini akan terpenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder Anda sudah terpenuhi lebih dulu. Bagi para milenial, terkadang jenis kebutuhan ini menjadi prioritas yang harus terpenuhi dalam hidup apalagi jika para milenial sudah memiliki penghasilan sendiri. Jika Anda ingin memiliki masa depan yang baik, mulai dari sekarang cobalah untuk memilih prioritas kebutuhan Anda dengan bijak dan mulai menabung untuk melakukan investasi ini.

2. Side Job

Energi cukup banyak yang masih dimiliki para kaum milenial merupakan pendukung utama untuk dapat melakukan hal yang satu ini. Carilah side job yang tidak terlalu menganggu pekerjaan utama Anda. Penghasilan yang diperoleh dari jenis pekerjaan ini sangat lumayan untuk menambah pundi-pundi investasi Anda.

Namun perlu diperhatikan pula, karena pendapatan dari side job biasa secara berkala dan nominal yang tentative, Anda patut menyimpan uang penghasilan side job ini dengan baik.

3. Tingkatkan Kemampuan Berbisnis Anda

Pastinya sebelum memulai sebuah bisnis, ada baiknya jika Anda mendalami kemampuan atau pengetahuan berbisnis Anda. Apalagi saat ini, investasi properti sedang berkembang, tidak ada salahnya jika Anda mencari banyak informasi penting seputar properti sebelum melakukan investasi ini.

Ada banyak hal-hal yang tak banyak diketahui khalayak umum mengenai dunia properti, untuk itu usahakan untuk mengetahui secara mendalam, jangan hanya pengetahuan dasarnya saja.

4. Memilih Apartemen Anda

Ketika Anda memilih untuk melakukan investasi properti yang satu ini, pastikan Anda memilih apartemen yang cocok dan akan memiliki nilai investasi yang besar. Pelajari mengenai para developer ataupun agent properti yang Anda pilih. Pastikan untuk memilih yang berpengalaman dan terpercaya. Lokasi apartemen juga menjadi salah satu pilihan untuk menunjang investasi Anda. Lokasi yang strategis dipercaya akan menarik banyak peminat untuk bisnis investasi Anda.

5. Konsultasi

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi sebelum Anda memulai investasi properti. Kebanyakan para milenial pasti suka bersosialisasi dan memiliki banyak jaringan sosial. Cobalah mencari tahu banyak informasi mengenai proses penyewaan apartemen ataupun biaya-biaya yang diperlukan untuk segala jenis investasi. Dan pastinya, konsultasikan mengenai agent ataupun developer yang akan Anda gunakan.

6. Pahami Potensi Pasar Saat Ini

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi properti, mulailah untuk melihat potensi nilai properti yang Anda pilih pada pasar di masa mendatang. Hal ini menjadi pertimbangan yang sangat penting, apalagi jika Anda memilih untuk menjual atau menyewakan kembali properti Anda.

Anda harus cukup jeli untuk melihat potensinya di masa mendatang, jangan sampai Anda memilih jenis properti yang kelak akan menurun untuk nilai jual/sewanya. Jika Anda tidak mencoba untuk mengasah kemampuan Anda dalam hal ini, maka hal ini akan menjadi masalah besar di masa mendatang karena salah memilih bidang properti yang tepat/potensial.

(Baca Juga: Pintar Berstrategi, Ini Dia Waktu yang Tepat Membeli Apartemen)

7. Biaya Perbaikan

Pastinya, ketika Anda memilih untuk melakukan investasi properti satu ini, maka Anda perlu memikirkan biaya pemeliharaan dan perbaikannya. Properti tentunya memerlukan biaya perawatan dan pemeliharaan yang tidak sedikit maka ada baiknya jika Anda mempertimbangkan harga investasinya dan prosedur pemeliharaan yang tepat agar nilai investasi properti Anda tidak menurun.

8. Memilih Waktu yang Tepat untuk Membelinya

Saat ini tidak bisa dipungkiri untuk harga properti akan cenderung mengalami kenaikan. Oleh karena itu, jangan terlalu pikir panjang untuk memilih hingga memutuskan untuk membelinya. Anda harus menghindari hal tersebut, karena akan membuat investasi Anda tidak efisien. Pastikan Anda membeli properti pada saat yang tepat ketika harganya masih rendah. Dengan hal tersebut, maka Anda akan merasa diuntungkan karena Anda memiliki cukup banyak pilihan dan lebih leluasa untuk memilihnya.

9. Bangun Fasilitas

Jangan sampai Anda melupakan hal satu ini. Di sini Anda tidak hanya menjual produk, namun turut menjual fasilitas yang wajib memuaskan pelanggan. Pastikan properti atau apartemen yang akan Anda investasikan memiliki fasilitas yang dapat mendukung kebutuhan pelanggan. Bagi properti apartemen, Anda perlu pastikan adanya cafe, restaurant dan penunjang lainnya. Pastinya Anda tidak ingin hal ini menjadi kendala Anda dalam mendapatkan pelanggan atau pembeli properti Anda.

10. Desain yang Menjual

Bagi investasi properti, nilai desain yang dihadirkan memiliki nilai tinggi di pasaran. Desain semakin modern dan sesuai dengan gaya hidup masyarakat saat ini akan menjadi nilai tambah pada investasi Anda. Pada konsep produk, semakin baik kemasan maka produk Anda akan dinilai baik; begitu juga dengan properti. Oleh karena itu, pastikan kemasan produk properti Anda memiliki nilai jual dan daya tarik yang besar bagi pelanggan.

Investasi dalam hal apapun tidaklah mudah, termasuk pula dalam hal properti. Namun jika Anda memiliki keseriusan dalam menjalaninya maka semuanya akan terasa mudah. Oleh karena itu, saatnya kelola penghasilan Anda dengan bijak dan mulailah berinvestasi sesuai dengan pilihan Anda. Selamat berinvestasi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.