Hotel vs Apartemen untuk Liburan, Anda Pilih Mana?

Image: sultanjakarta.com
0 51

Hotel vs Apartemen, hotel selalu jadi pilihan akomodasi paling utama saat berlibur karena kemudahan dan fasilitasnya. Seiring berkembangnya zaman, pilihan hotel semakin banyak saja jenisnya. Mulai dari hotel berbintang lima dengan fasilitas premium hingga hostel yang menyediakan bunk bed atau dormitory room.

Selain dua jenis penginapan tersebut, adapun tren yang berkembang di mana para traveller memilih menginap di hunian apartemen untuk liburan. Sepuluh tahun yang lalu ide menginap di apartemen tidak pernah terpikirkan karena beragam alasan. Mulai dari masalah keamanan hingga privacy, tapi di era di mana perkembangan teknologi begitu pesat permasalahan tersebut bisa dipecahkan.

Apartemen sekarang menjadi pilihan yang tidak bisa dikesampingkan lagi karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Menyewa apartemen menjadi solusi terbaik untuk Anda saat berlibur dengan keluarga ataupun perjalanan bisnis. Suasana berbeda yang nyaman juga bisa Anda dapatkan saat menginap di apartemen,

Berikut adalah alasan mengapa apartemen untuk liburan menjadi pilihan yang tepat.

Tidak perlu repot dengan urusan administrasi

Hotel vs Apartemen
Image: blumberg.com

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan saat menyewa apartemen adalah dari segi adminstrasinya. Tidak serepot menginap di hotel, administrasi saat sewa apartemen lebih mudah. Kebanyakan administrasi dilakukan sebelum Anda tiba di properti atau apartemennya, jadi saat tiba di apartemen Anda hanya perlu bertemu untuk mengambil kunci.

Ruangan besar tanpa ada yang menganggu

Hotel vs Apartemen
Image: digsdigs.com

Kekurangan hotel zaman sekarang adalah ukurannya yang minimalis. Hal ini tentu bisa membuat liburanmu kurang berkesan, karena penginapan yang nyaman tentu bisa meningkatkan kualitas liburan. Saat memesan apartemen ruangan besar sepenuhnya milikmu tanpa ada yang menganggu.

Selain itu apartemen juga bisa memberikanmu kebebasan seperti di rumah sendiri. Mulai dari movie marathon sampai bermain game board tanpa gangguan.

Akses yang lebih mudah

Hotel vs Apartemen
Image: Skyscrapercity – Pinterest

Lokasi apartemen kebanyakan memiliki kemudahan dalam hal akses ke tengah kota ataupun kendaraan umum. Sedangkan kebanyakan hotel memiliki lokasi yang belum tentu strategis. Bahkan beberapa apartemen di kota-kota besar memiliki akses langsung ke pusat perbelanjaan. Jadi Anda tak perlu repot jika memerlukan sesuatu hal yang penting karena bisa mendapatkannya dengan mudah.

Fasilitas yang lengkap

Hotel vs Apartemen
Image: sansiri.com – Pinterest

Sama seperti hotel, apartemen masa kini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan. Mulai dari yang standar seperti kolam renang hingga fasilitas lain seperti tempat gym. Penggunaan fasilitas seperti kolam berenang ini juga tidak membutuhkan biaya. Sedangkan beberapa hotel menarik biaya tambahan untuk beberapa fasilitas pendukung.

Ada dapur yang membuat liburan lebih hemat

Hotel vs Apartemen
Image: dexorate.com – Pinterest

Seperti yang sudah diketahui saat berlibur, harga makanan di tempat tujuan biasanya akan lebih mahal. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa diuntungkan dengan menyewa apartemen. Saat menyewa apartemen sudah pasti ada dapur yang biasanya sudah dilengkapi dengan alat memasak sederhana. Cara ini bisa membuat liburan jauh terasa lebih hemat karena Anda bisa masak sendiri dengan membeli bahan baku yang lebih murah.

Masa sewa yang lebih fleksibel

Hotel vs Apartemen
Image: lonny.com – Pinterest

Berbeda dengan hotel yang memiliki masa sewa yang tidak fleksibel. Apartemen memiliki masa sewa yang lebih fleksibel, terlebih jika Anda menghabiskan liburan yang cukup lama. Pemilik apartemen malah dengan senang hati menyewakan apartemen dalam jangka waktu yang lebih panjang. Harga sewa apartemen dalam waktu mingguan juga bisa meringankan kantong.

Harga sewa yang lebih murah

Hotel vs Apartemen
Image: @rawpixel – Unsplash

Jika dibandingkan hotel yang ukurannya lebih kecil, harganya justru jauh lebih mahal. Hal ini tidak menguntungkan apalagi jika kamu berpergian dengan jumlah orang yang lumayan banyak. Apartemen biasanya memiliki luas ruangan yang lebih besar tapi dengan harga jauh lebih terjangkau.

Terlebih lagi apartemen bisa ditempati oleh beberapa orang tanpa harus membayar extra charge seperti extra bed. Bahkan beberapa pemilik apartemen bisa menawarkan harga khusus untuk Anda.

Survei apartemen sebelum akhirnya membeli

Hotel vs Apartemen
Image: jturnerresearch.com

Nah, mungkin yang satu ini bisa jadi keuntungan lebih untuk Anda. Jika tertarik berinvestasi membeli unit apartemen tapi masih ragu untuk membelinya, tidak ada salahnya mencoba untuk menyewa terlebih dahulu. Sambil menyelam minum air, selain bisa menikmati waktu santai Anda juga bisa membuat keputusan yang tepat.

Desain interior yang lebih unik sekaligus homey

Hotel vs Apartemen
Image: Dwell – Pinterest

Jika Anda ingin berlibur dengan suasana yang nyaman, apartemen tentu bisa memberikan hal itu. Apartemen bisa memberikan kesan homey sekaligus menjauhkan Anda dari rasa homesick. Terutama Anda yang melakukan perjalanan karena alasan bisnis atau pekerjaan. Memilih tempat yang berinterior menarik ditambah fasilitas lengkap dijamin akan memanjakan Anda. Fasilitas dapur bisa membantu Anda mengembalikan mood dengan cara memasak makanan kesukaan.

Selain itu desain interior apartemen zaman sekarang juga unik, dari sini Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi. Tapi tetap ingat, ya, untuk menyesuaikan budget yang dimiliki. Kebanyakan apartemen dengan desain menarik memiliki harga sewa yang lebih tinggi.

(Baca Juga: Cari Tahu 7 Pilihan Hotel Konsep Apartemen Terbaik di Jakarta)

Tips memilih apartemen untuk liburan

Tertarik untuk menyewa apartemen untuk liburan berikutnya? Agar tak salah pilih coba ikuti tips memilih apartemen untuk liburan berikut ini.

1. Lokasi yang dekat dengan transportasi umum

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan terlebih jika Anda berlibur ke luar negeri. Transportasi umum jadi vital dan penting saat liburan karena harganya lebih terjangkau.

2. Pastikan daerahnya aman dan dekat dengan supermarket

Walaupun saat ini apartemen memiliki sistem keamanan yang ketat, tidak ada salahnya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Rajin-rajinlah survei daerah mana yang paling baik untuk ditinggali selama berlibur. Informasi ini biasanya tidak susah untuk ditemukan.

3. Sesuaikan dengan jumlah orang

Tidak ingin merasakan tidur berdesak-desakan saat sudah kelelahan? Jangan lupa sesuaikan apartemen dengan jumlah orang yang akan menginap. Walaupun lebih fleksibel bukan berarti hal yang satu ini Anda abaikan, karena kenyamanan saat berlibur menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

4. Tidak ada salahnya memilih apartemen dengan desain unik

Ini saatnya Anda mengeksplorasi terutama jika Anda menyukai arsitektur. Apartemen memiliki desain yang lebih beragam dan fun, ini juga jadi kelebihan saat Anda memilih apartemen dibandingkan hotel.

5. Pemilik yang responsif saat dikontak

Ini juga bisa jadi pertanda jika apartemen yang Anda sewa aman. Pilihlah pemilik yang cepat membalas pesan dan enak diajak diskusi. Terlebih jika Anda menyewa apartemen di luar negeri, hal ini akan sangat butuhkan karena rata-rata apartemen baru bisa ditinggali sore hari sekitar pukul 3 atau 4 sore.

6. Pilih apartemen yang menyediakan perlengkapan standar

Termasuk orang yang tidak mau repot saat berlibur? Jika hal ini sangat penting untuk Anda, maka memilih apartemen dengan perlengkapan standar sangat disarankan. Misalnya saja apartemen yang sudah dilengkapi dengan alat mandi lengkap, air mineral gratis, hingga peralatan masak sederhana.

Jadi bagaimana pilihan hotel vs apartemen untuk liburan? Menginap di apartemen tentu saja memberikan pengalaman baru untuk Anda. Setidaknya Anda bisa merasakan hidup seperti orang lokal, selain itu Anda juga bisa menghemat budget liburan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.