Intip Pesona 10 Gedung Tertinggi di Jakarta

Gedung Tertinggi di Jakarta

Gedung pencakar langit selama ini dinilai bak berlian untuk gedung–gedung yang menjulang tinggi ke atas. Tolak ukur yang menetapkan gedung disebut pencakar langit yaitu berada di ketinggian 150 meter atau 500 kaki. Tolak ukur ini menjadi acuan tetap yang disensus melalui konvensi Amerika dan Eropa. Sedangkan gedung pencakar langit yang tingginya melebihi 300 meter disebut Supertall. Bangunan model ini kian merambah ke Indonesia. Hal ini terbukti dengan gedung yang masuk dalam daftar pencakar langit tertinggi di dunia.

Tahukah Anda bahwa gedung pencakar langit di Jakarta pertama di Jakarta adalah gedung Sarinah, yang di bangun tahun 1963. Seiring perkembangan zaman, gedung tertinggi di Jakarta kian berkembang hingga saat ini berjumlah 700 gedung dan akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Saat ini, rekor tertinggi gedung pecakar langit di Jakarta tahun 2018 dipegang oleh Gama Tower.

Gedung pencakar langit tak hanya memiliki ketinggian yang menawan, melainkan terkandung sebuah estetika yang luar biasa di dalamnya. Fungsi dari gedung tinggi dengan jumlah lahan yang banyak ini rata-rata berupa perkantoran, hotel, supermarket, dan juga pusat hiburan. Demikian pula dengan gedung tertinggi di Jakarta seakan menjadi ikon kota besar dengan kemegahan yang terpancar. Jika di malam hari, gedung – gedung tersebut memancarkan sinar berkilau dari cahaya lampu. Hal ini tentu akan mempercantik kota di malam hari.

Berikiut adalah beberapa gedung tertinggi di jakarta yang menjadi icon kota dan bahkan beberapa diantaranya masuk dalam daftar gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

1. Menara Gama

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: Gama Tower

Gama Tower berada di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Lokasi gedung dekat dengan Plaza Festival dan JS Luwansa Hotel. Menara Gama yang mulai beroperasi pada tahun 2018 ini sekejap menduduki deretan pertama gedung tertinggi di Jakarta, bahkan sangat diminati oleh para pelaku bisnis saat ini. 

Sedangkan Gama Tower dalam cangkupan dunia menjajakan nomor urut ke 93 tertinggi di Asia. Gama Tower berfungsi untuk lahan perkantoran dan perhotelan. Dengan ketinggian 285 meter dan 65 lantai, gedung ini pun dikenal pula dengan nama Menara Rasuna atau Cemindo Tower.

2. Wisma 46

gedung tertinggi di jakarta
Image: indonesiadesign.com

Wisma 46 juga merupakan salah satu deretan gedung tertinggi di Jakarta. Gedung yang dibangun tahun 1996 setinggi 262 meter ini memiliki jumlah 50 lantai yang berada dalam kompleks perkantoran bank BNI. Selain tinggi, luas area bangunan ini juga menakjubkan, yaitu sekitar 15 hektar.

Di samping itu, setiap warga yang melintas depan gedung pun akan terkesima melihat desain arsitektur kelas atas. Tampilannya khusus dirancang menyerupai kapal pesiar berwarna biru dengan lekukan yang menawan. Warna biru pada fasad gedung menggunakan kaca transparan yang sangat cantik jika dilihat dari kejauhan. 

Setiap sisi gedung didesain dengan konsep gedung-gedung seperti masa yang akan datang. Konsep tersebut sangat modern, sehingga meski sudah lama dibangun, gedung tersebut tetap memancarkan kemegahan. Terdapat pula beberapa fasilitas kelas atas yang dapat menunjang akitivitas pekerja. Gedung ini menjadi gedung tertinggi di Jakarta selama dua dekade sebelum digantikan oleh Gama Tower.

3. Sahid Sudirman Center

gedung tertinggi di jakarta
Image: ceosuite.com

Gedung tertinggi di Jakarta ini dikenal dengan nama Pusat Soedirman atau The Sahid Sudirman Center. Saat ini, Sahid Sudirman Center menorehkan catatan penting sebagi gedung nomor empat tertinggi di Jakarta, bahkan dalam cangkupan se-Indonesia pula. 

Sahid Sudirman Center dibangun tahun 2015 dengan ketinggian 258 meter atau 59 lantai. Hal tersebutlah yang menjadikan Soedirman Center salah satu gedung tertinggi di Jakarta. Kepemilikan gedung pencakar langit ini dipegang oleh kolaborasi perusahan antara Sahid Group, Pikko Group dan pengusaha Tan Kian.

4. Menara Astra

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: inhabitgroup.com

Menara Astra termasuk dalam daftar gedung tertinggi di Jakarta. Ranking yang diduduki Menara Astra ialah nomor tiga tertinggi di Jakartan dan Indonesia. Gedung ini memiliki ketinggian 261 meter dan 50 lantai. Gedung ini di bangunan pada tahun 2017 yang beroperasi untuk perkantoran. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Soedirman dan berjejer dengan gedung tinggi lain di sekitarnya.

Dapat dengan mudah diketahui, Menara Astra dimiliki oleh Astra Group yang menjadi perusahaan multinasional raksasa di Asia. Fasilitas yang ditawarkan oleh gedung ini sangat menakjubkan, terbukti dengan adanya convention hall untuk menampung 1000 orang. Selain itu juga terdiri dari fasilitas hiburan seperti cafe, restoran  dan supermarket. Lalu ada ruang khusus bernama Galeri Astra yang merupakan catatan kaki dari perusahaan pemiliki gedung tersebut.

(Baca Juga: 15 Apartemen Terunik Di Dunia Dengan Desain Tak Biasa)

5. Raffles Hotel

Gedung Tertinggi di Dunia
Image: Agoda

Gedung tertinggi di Jakarta satu ini berbeda dengan gedung lainnya yang diperuntukkan sebagai perkantoran. Gedung yang menempati urutan ke lima tertinggi di Indonesia ini berfungsi sebagai sebuah hotel. Raflles Hotel berdiri megah di kawasan Prof. Dr. Satrio di Kuningan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 252 meter dan 52 lantai.

Gedung tertinggi di Jakarta ini berdiri sejak tahun 2015 dan dinobatkan sebagai hotel mewah. Raffles Hotel juga disebut Ciputra World Hotel Tower karena berada dalam kompleks perkantoran dan pusat belanja Ciputra World. Raffles hotel ini perna ditempat oleh Raja Arab Saudi yaitu Raja Salman saat berkunjung di Indonesia di awal tahun 2017 lalu.

6. The Pakubuwono Signature

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: Airmas Asri

The Pakubuwono Signature yang berada di kompleks The Pakubuwono Development adalah salah satu gedung tertinggi di Jakarta dengan urutan ke enam. Gedung pecakar langit ini berdiri sejak tahun 2014 dengan ketinggian 252 meter atau sejumlah 50 lantai. The Pakubuwono Signature berfungsi sebagai apartemen kelas atas dengan arsitekur sangat mewah yang mengusung konsep tahun klasik 50-an.

Kemegahan gedung tertinggi di Jakarta ini semakin memanjakan mata saat malam hari. Kilauan lampu gedung menjadikan gedung berwarna keemasan seperti emas ditengah malam gelap. Gedung mewah yang berlokasi di Kebayoran  aru dengan luas 4,2 hektar ini juga tidak pernah sepi peminat menjadi penghuni tetap di apartemen The Pakubuwono Signature.

7. Menara BCA

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: jayaabadigroup.com

Menara BCA atau BCA tower di kenal dengan nama lain yaitu Grand Indonesia Office Tower, karena berada dalam area kompleks pusat perbelanjaan Grand Indonesia. Menara BCA ini merupakan sekian dari gedung tertinggi di jakarta. Gedung ini mencapai angka ketinggian 230 meter dan 56 lantai. Gedung ini di bangun tahun 2008 oleh Djarum Group. Selain untuk jadi pusat perkantoran, di gedung terdapat restoran terkenal yaitu SKYE Restaurant.

8. BPTN Office Tower

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: SkyscraperCity

Gedung tertinggi di Jakarta ini juga dipegang oleh perusahan yang bergerak dalam bidang keuangan yaitu BTPN Office Tower. Gedung yang menjadi kantor pusat bank BPTN ini memiliki tinggi 223 meter dengan 48 lantai yang dibangun pada tahun 2016 lampau. Pada tahun 2018 di area kompleks gedung juga akan dibangun hotel dengan kapasitas 25 lantai.

9. Sinarmas MISG Tower

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: Sinarmasmsiglife

Seperti kita ketahui selama ini, Sinarmas MISG Tower masuk dalam jajaran salah satu gedung tertinggi di Jakarta. Bentuk gedung ini sangat lah unik yang menyerupai bidak catur maka gedung yang dijuluki dengan nama Chase Tower. Gedung pecakar langit ini dibangun tahun 2012 yang memiliki ketinggian 245 meter dan 48 lantai.  Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran untuk perusahan SINARMAS Group dan juga disewakan untuk perusahaan lain.

10. Equity Tower

Gedung Tertinggi di Jakarta
Image: equitytower.co.id

Equity tower adalah gedung yang menampilkan desain premium di bilangan CBD, Jakarta. Mewah dan eksklusif menjadi identitas gedung. Equity Tower tak kalah hadir dalam jajaran gedung tertinggi di Jakarta dengan ketinggian 220 meter atau sejumlah 44 lantai. Lokasi pun berada di kawasan emas dengan pusat bisnis di ibu kota, yakni di kawasan SCBD, Jakarta. 

Jadi, sudah banyak sekali gedung tertinggi di Jakarta yang pastinya biasa Anda lihat sehari-hari. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya akan ada lagi inovasi gedung pencakar langit yang lebih tinggi dan menawan. Hal ini tentu akan semakin menambah keindahan dan kemewahan Jakarta selaku ibu kota Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *