Pembangunan Infrastruktur Kembali Jadi Prioritas Pemerintahan Jokowi

Pembangunan Infrastruktur Jokowi

Minggu (14/7/2019) melalui pidato Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Jokowi memastikan pembangunan infrastruktur kembali menjadi salah satu fokus utama pemerintahannya bersama Ma’ruf Amin. Bahkan dalam pidato tersebut, pembangunan infrastruktur menjadi hal pertama yang disebut Jokowi.

Kata Jokowi “Pembangunan infrastruktur akan terus kita lanjutkan,” seperti yang dikutip spacestock.com dari Kompas TV.

Lebih lanjut lagi, Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur sangat penting demi mendorong Indonesia agar mampu bersaing secara global. Terutama untuk menghadapi kompetisi diantara negara-negara lain yang sudah lebih maju.

Infrastruktur Jokowi
Image: HalloIndo

SDM Tak Dilupakan

Sejumlah infrastruktur yang telah dibangun bersama dengan Jusuf Kalla akan dilanjutkan. Terutama menyambungkan infrastruktur yang sudah ada. Layaknya jalan tol, pelabuhan, kereta api dan bandara agar bisa terus tersambung ke sejumlah kawasan yang membutuhkan.

Jokowi bahkan mengatakan kalau pemerintah akan menyambungkan infratruktur dengan kawasan industri kecil, kawasan ekonomi khusus, hingga kawasan pariwisata. Lebih kuat lagi beliau juga menekankan “Arahnya harus ke sana, fokusnya harus ke sana,” tekan Jokowi.

Berbagai infrastruktur penunjang juga akan disambungkan. Misalnya kawasan persawahan, perkebunan, hingga tambak ikan. Beliau bahkan mengatakan “Sambungkan ke sana” sebanyak tiga kali sebagaimana yang ditulis oleh kompas.com.

Meski fokus utama pada kelanjutan pembangunan infrastruktur, Jokowi tetap melupakan janjinya untuk memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM). Sebab menurut Jokowi, pembangunan SDM adalah kunci agar Indonesia lebih maju ke depan.

Titik dimulainya pembangunan SDM bakal dimulai dengan menjamin kesehatan para ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, hingga menjamin kesehatan anak usia sekolah. Menurut Jokowi itu adalah umur emas yang sangat tepat untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan.

Baca Juga: Dinilai Sarat Potensi, Makin Banyak Perusahaan yang Menggunakan Panel Surya

Perlu Didukung

Visi Jokowi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur mendapat beragam respon. Salah satunya disampikan oleh Bernardus Djonoputro selaku Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP). Menurutnya visi Jokowi atas rencana melanjutkan pembangunan infrastruktur agar tersambung ke kawasan produksi rakyat perlu didukung.

Meski begitu, Bernie tetap mengingatkan kalau pembangunan infrastruktur dasar utama yang saat ini masih dikerjakan oleh pemerintah, nyatanya belum bisa menjawab semua kebutuhan gap infrastruktur kita.

Ada sejumlah tantangan yang nyata-nyata terlihat di depan mata, utamanya soal hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (pemda) sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah.

Menurut Bernie, tugas pemerintah cukup berat. Di level pedesaan, pemerintah harus membangun konektivitas jalan desa, yang meliputi jalur jalan pengangkutan pertanian, gudang pengumpul hingga jaringan komersial angkutan komoditas. Tujuanya untuk mengatasi sistem ijon dan cengkeraman tengkulak dan pengaturan harga petani.

Lalu pada infrastruktur yang tersambung ke kawasan ekonomi khusus (KEK). Tugas pemerintah cukup pada operasionalisasi KEK yang saat ini sudah ada lalu ditambah dengan pengembangan koridor ekonomi besar berupa kawasan super KEK lintas kabupaten.

Pada level perkotaan, kelanjutan pembangunan infrastruktur seperti yang disebutkan pemerintah berarti mencari keseimbangan kampung-kota dimana target utamanya adalah peremajaan kota (urban regeneration). Sayangnya menurut Bernie ini bukan tugas mudah, sebab beberapa kota sangat terbatas kemapuannya ketika melaksanakan program revitalisasi dan peremajaan kota.

Terlebih lagi, di kota-kota kita ada banyak isu soal informalitas di kota besar, penggunaan energi baru terbarukan, ketersediaan taman kota, hingga gaya hidup hemat dan efisien. “Oleh karena itu, diperlukan adanya pembangunan infrastruktur modern di kota-kota kita,” jelas Bernie.

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *