Pengap di Kamar Apartemen? Ini 12 Cara Mengatasinya

Tinggal di apartemen memang menjadi kebanggaan tersendiri. Tetapi bukan berarti tinggal di hunian seperti ini tidak akan memiliki masalah. Bayangkan kamu tinggal di apartemen studio, dengan ukuran kamar tidur kecil dan jendela kecil, kemudian mendadak AC rusak. Bisa dipastikan, ruang apartemen kamu otomatis pengap hingga membuat tidur tak nyaman.

Namun tak hanya untuk permasalahan AC rusak saja. Bagaimanapun keadaannya, suatu ruangan perlu dijaga aliran udara yang masuk agar tidak terkesan lembap dan pengap.

Rasa pengap muncul karena kelembaban yang tinggi akibat sirkulasi udara yang tidak baik. Resikonya, jamur dan kuman lainnya akan mudah berkembang biak di ruangan kecil tersebut. Tapi tenang saja, ada cara untuk mengatasinya. SpaceStock berbagi cara dan tips menghilangkan kamar pengap:

1. Gunakan serap air

Mengatasi Ruangan Pengap
Image: Tokopedia

Serap air adalah produk yang didesain khusus untuk menyerap kelebihan air di udara ruangan. Produk ini terdiri atas butiran bahan kimia padat yang dapat berubah menjadi gel setelah menyerap air.

Begitu semua bola sudah berubah menjadi gel, kamu tinggal membuangnya saja. Dengan begitu kamar apartemen kamu akan terhindar dari pengap. Untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa dengan mudah mencarinya di supermarket.

2. Perhatikan Kondisi Exhaust Fan di Kamarmu

Kamar Pengap
Image: Blibli

Exhaust fan adalah salah satu fitur yang ada di ruangan-ruangan apartemen. Alat ini berfungsi mengatur udara sekaligus membuang udara panas. Keberadaan Exhaust fan mampu memberikan aliran udara yang lebih baik di dalam apartemen. Yang penting perhatikan kebersihan dan kondisi Exhaust fan yang ada di ruanganmu.

3. Gunakan kipas angin

Kamar Apartemen Pengap
Image: perryhomessouthernutah.com

Kipas angin mampu merekayasa sirkulasi udara dan memberikan kesejukan di dalam kamar. Agar lebih optimal, kamu bisa menggunakannya bersama dengan Exhaust Fan. Pilih jenis kipas angin gantung yang bisa kamu letakkan di langit-langit kamar. Selain bisa mengoptimalkan penggunaan ruang, jenis kipas angin ini juga efektif mendinginkan satu ruangan.

4. Gunakan Air Conditioner

Tips Kamar Pengap
Image: diynetwork.com

Air Conditioner (AC) berfungsi mengendalikan sirkulasi udara, terutama jika kamarmu berada pada tingkat yang tinggi. Membuka jendela justru akan mengundang angin kencang yang tentu saja tidak nyaman.

Saat ini banyak AC dilengkapi filter. Fitur ini berfungsi untuk menyaring bakteri yang terbawa udara. Penggunaan filter akan efektif mencegah kamar pengap. Tetapi jangan lupa bersihkan AC dan kamarmu secara berkala.

5. Warna Putih Mampu Meningkatkan Kesegaran

Kamar Pengap
Image: Pinterest/hhomdesign.com

Kamar pengap atau sumpek, selain dirasakan indera peraba dan penciuman, juga dirasakan secara visual. Salah satu hal yang dapat memberi kesan sumpek adalah pemilihan warna ruangan dan warna benda di ruangan.

Warna putih adalah pilihan warna yang baik untuk mengisi ruangan sempit. Warna putih bersifat memantulkan cahaya secara maksimal, berkebalikan dengan lawannya, warna hitam yang bersifat menyerap cahaya. Hal ini  menyebabkan benda berwarna hitam akan lebih cepat panas saat terkena cahaya matahari. Dengan analogi ini, ruangan berwarna gelap akan lebih terasa sumpek daripada ruangan berwarna terang.

Salah satu kelebihan warna putih adalah memberikan ilusi lapang dan kesan efektif khas minimalis pada suatu ruangan. Ruangan dengan warna putih pun akan lebih mudah didekorasi. Selain itu, warna putih memberikan kesadaran untuk membersihkan ruangan. Tidak hanya untuk ruangan, pilihlah banyak perabot berwarna putih untuk  menyegarkan mata.

6. Melengkapi Warna Putih, Tambahkan Warna Lain pada Plafon

Atasi Kamar Pengap
Image: holadecor.com

Supaya tidak jenuh karena dominasi warna putih, gunakan warna yang lebih gelap dan adem untuk warna plafon. Kamu dapat menggunakan warna abu-abu untuk memperkuat rasa minimalis, biru, atau merah marun. Selain itu, warna plafon yang lebih gelap dapat memudahkan tidur saat waktunya istirahat.

7. Maksimalkan Penataan Ruangan

Tips Kamar Pengap
Image: Pinterest/nevillejohnson.co.uk

Mengenai penataan ruangan di apartemen, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti.

  • Gunakan tips dari Marie Kondo

Marie Kondo, melalui metode Konmari mengajarkan kita untuk menampilkan barang yang “memancarkan cahaya” ketika menyusun barang-barang di rumah. Barang yang memancarkan cahaya adalah barang dengan kondisi bagus, bersih, dan dapat menimbulkan semangat ketika melihatnya. Selain itu, barang ini harus merupakan barang tepat guna.

  • Buang yang tidak perlu, simpan yang belum terpakai

Untuk melakukan hal ini kamu harus tega ya! Barang-barang yang masih baik namun tidak terpakai dapat disumbangkan ke yang lebih membutuhkan agar tidak mubasir. Itung-itung menyenangkan hati orang lain, ya.

Barang-barang yang masih digunakan harus disimpan dengan rapih. Semakin sedikit barang yang ditampilkan, semakin rapih kamar tersebut. Bahkan kamu dapat memiliki kamar rapi a la drama Korea!

  • Jadi pembeli dan pemakai barang yang bijak

Beli dan pakailah barang secara bijak agar barang yang kamu miliki cukup dan tepat guna. Perilaku sederhana seperti ini dapat menyelamatkan kantong kamu bahkan mengurangi budaya konsumtif khas negara berkembang, lho. Lebih baik ditabung, kan?

Gunakan barang yang telah dibeli dengan efektif, efisien, dan sesuai instruksi panduannya agar barang tidak cepat rusak dan terbuang. Selain itu membeli lebih sedikit barang memungkinkan kamu untuk menata ruangan dengan rapih.

  • Susun perabotan menempel ke dinding

Menyusun perabotan ke dinding berarti memaksimalkan bagian tengah ruangan. Membentuk ruang yang besar di tengah ruangan efektif memberi kesan anti pengap dan lapang. Pakukan lemari ke dinding agar lemari dapat tegak lebih baik.

8. Pajang Hiasan Seperlunya

Tips Kamar Pengap
Image: thelovelydrawer.com

Sebuah ruangan akan terasa sepi tanpa pajangan. Untuk memaksimalkan penataan supaya tidak pengap, pajang patung, hiasan, atau tanaman hias yang kamu miliki seperlunya. Pajang maksimal dua patung dan dua lukisan.

Kamu dapat menyusun tanaman hias dengan memakunya ke dinding. Tanaman hias dapat membantu pengaturan sirkulasi udara karena sifatnya yang menyerap karbondioksida dan memberikan oksigen.

Baca Juga: Apartemen Panas? Ini 12 Solusi Apartemen Sejuk Tanpa Perlu AC

9. Perhatikan Kebersihan Kamar

Tips Kamar Pengap
Image: bettersleep.com

Yang paling penting dari semuanya: bersihkan kamarmu. Sebagus apapun penataannya ruangan, jika tidak bersih akan sama seperti gudang yang pengap. Bersihkan minimal sekali seminggu walau kesibukan melanda.

10. Bersihkan Perabotan yang Potensial Menyimpan Debu

Tips Kamar Pengap
Image: uratex.com.ph

Ada banyak perabotan yang dapat menyimpan debu. Perabotan tersebut harus dibersihkan minimal dua kali sebulan. Jemur kasur dan bantal secara berkala dan ganti jika sudah mencapai tujuh tahun penggunaan agar tidak mudah lapuk dan menjadi sarang tungau. Jangan lupa, ganti seprai dan taplak secara berkala.

11. Jangan Simpan Benda Berbau Kuat di dalam Kamar

Tips Kamar Apartemen Pengap
Image: Pinterest.com

Jangan simpan benda berbau kuat atau melakukan aktivitas dengan benda tersebut di kamar. Misalkan, menyimpan sepatu bau di dalam kamar. Sebaiknya sepatu disimpan di koridor atau di dalam lemari agar sepatu tidak mudah bau.

Olah makanan berbau dengan baik agar tidak meninggalkan bau. Buang sampah secara teratur dan jangan ditumpuk di kamar. Gunakan pengharum ruangan sekadarnya saja, jangan berlebihan.

Lakukan aktivitas “bau” seperti merokok di luar kamar. Merokok di dalam kamar, selain menimbulkan bau tak sedap, akan meninggalkan partikulat di dalam ruangan. Kamu tahu isitlah baru, “Thirdhand smoker”? Asap rokok memang sudah tidak ada lagi, namun partikulat melekat di perabotan. Partikulat inilah yang menimbulkan bau rokok pada pakaian atau ruangan.

12. Biarkan Pintu Terbuka

Tips Kamar Pengap
Image: pixnio.com

Pagi hari menjelang berangkat kerja dan malam hari setelah jam tujuh malam, bukalah pintu untuk memperoleh sirkulasi udara yang lebih baik. Udara kamar akan terasa lebih segar setelahnya.

Itulah 12 tips yang dapat kamu terapkan untuk menghilangkan pengap di kamar apartemen kamu demi mendapatkan udara yang lebih baik. Tinggal di apartemen kecil bisa sangat menyebalkan karena sempit dan pengap, namun ada banyak solusi untuk menyelesaikannya. Selamat mencoba!

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *