Pilih Sewa Rumah atau Apartemen? Cari Tahu di Sini!

Sewa Rumah atau Apartemen

Bagi Anda yang memilih berkarir di Jakarta, pasti mengalami dilema dalam mencari tempat tinggal. Seringkali Anda bingung memilih sewa rumah atau apartemen. Padahal sebelum memutuskan hunian yang akan ditempati, perlu mengecek terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan tinggal di kedua tempat tersebut.

Apabila memilih tinggal di apartemen, sudah pasti kemudahan akses, kenyamanan dan hidup yang serba praktis akan Anda rasakan. Tapi, bagi sebagian orang tinggal di rumah tapak adalah pilihan yang tepat karena mempertimbangkan aspek harga. Namun, faktor lain juga perlu dicek terlebih dahulu untuk menentukan tempat tinggal Anda. Apakah sewa rumah atau apartemen, semua bergantung dari kebutuhan Anda.

Anda perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian tinggal di kedua hunian tersebut. Jangan sampai ada penyesalan di belakang pasca menandatangani perjanjian sewa.

Berikut ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan hunian sewa rumah atau apartemen.

1. Harga Sewa

Sewa Rumah atau Apartemen?

(Image: marketingdonut.uk)

Harga merupakan hal yang paling utama untuk dipertimbangkan. Karena harga yang ditetapkan berkaitan langsung dengan budget yang Anda siapkan. Pastikan jika memilih sewa rumah atau apartemen, harganya tidak melebihi dari budget yang Anda miliki. Tentu hal ini sangat penting agar nantinya Anda tidak keteteran saat harus membayar biaya sewa selanjutnya.

Anda harus mengecek satu per satu harga sewa rumah atau apartemen. Manakah hunian yang lebih murah dan harganya cocok dengan budget Anda?

Biasanya orang yang memiliki dana terbatas cenderung memilih rumah sebagai tempat tinggal mereka. Tapi jaraknya kebanyakan lebih jauh dari tempat kerjanya. Sehingga akan memakan biaya ongkos yang begitu besar. Hasilnya jadi hampir sama dengan biaya apartemen.

Tapi, buat Anda yang menyukai kepraktisan dan kemudahan akses pasti lebih memilih apartemen. Karena antara sewa rumah atau apartemen sudah pasti lebih praktis hidup di apartemen. Meski harganya lebih mahal, Anda bisa menikmati fasilitas lengkap yang ada disana. Kolam renang, lapangan basket, sport center, jogging track, sky garden dan sebagainya. Di samping itu, ada biaya tambahan seperti iuran bulanan untuk listrik, air, kebersihan dan keamanan.

2. Keamanan di Lingkungan Tempat Tinggal

Sewa Rumah atau Apartemen

(Image: thedigitaldepartment.ie)

Siapa yang tidak ingin tinggal di tempat yang aman, nyaman, tentram dan damai? Pasti Anda juga tidak ingin apabila tempat tinggal mudah dimasuki oleh perampok. Apalagi hidup di Jakarta yang tingkat kriminalitasnya tinggi, pasti butuh tingkat keamanan yang tinggi pula. Karena itu sebelum memutuskan ingin sewa rumah atau apartemen, Anda harus melihat faktor keamanan di sekitarnya.

Pasti keamanan di dua hunian tersebut sangat berbeda. Bagi Anda yang memilih apartemen sebagai tempat tinggal tentu akan merasakan keamanan yang sangat safety. Inilah keunggulan tinggal di apartemen. Jadi, makin bimbang gak pilih sewa rumah atau apartemen?

Di apartemen ada petugas keamanan yang bertugas selama 24 jam. Mereka selalu memastikan keamanan di setiap sudut apartemen. Demi membuat penghuninya nyaman dan aman. Tamu yang datang juga tidak sembarangan, lho. Biasanya tamu diberi kartu kunjungan khusus untuk berkunjung ke apartemen kerabatnya dan harus menjelaskan dengan jelas unit apartemen dan tujuan kedatangannya. Dari sisi ini, sudah terlihat bukan mana yang lebih unggul sewa rumah atau apartemen.

Sewa Rumah atau Apartemen

(Image: newbartid.com)

Selain itu, penghuni apartemen biasanya diwajibkan untuk memiliki access card untuk bisa masuk ke dalam apartemen dan menggunakan lift. Jika tidak memakai access card, biasanya penghuni menggunakan sidik jarinya untuk masuk ke apartemen. Jadi, tidak akan ada sembarang orang yang bisa masuk ke tempat tinggal Anda. Memang harus diakui tingkat keamanan mana yang lebih safety, sewa rumah atau apartemen.

Demi memastikan keamanan penghuninya, pihak apartemen biasanya menambahkan perangkat keamanan khusus. Perangkat tesebut adalah CCTV 24 jam yang dipasang di setiap sudut kawasan apartemen. Karena perangkat itu sudah menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan keamanan demi kenyamanan penghuni disana.

Lain halnya dengan rumah, biasanya pengunjung bebas berdatangan dan tidak ada filter pengunjung oleh security. Petugas keamanannya juga tidak bekerja selama 24 jam. Controlling-nya juga tidak dilakukan setiap saat. Apalagi jika rumahnya berada di perkampungan, sudah pasti tidak ada petugas keamanan yang bertugas. Jadi sebelum memilih sewa rumah atau apartemen, pertimbangkan soal keamanan ini ya!

3. Hidup Lebih Praktis

Sewa Rumah atau Apartemen

(Image: mecapartments.com)

Bagi seorang karyawan, pekerjaan sudah terlalu menyita banyak waktu. Maka, Anda pasti menginginkan berbagai kemudahan dalam menjalankan hidup sehari-hari. Kepraktisan bisa Anda dapatkan dengan mudah jika memilih apartemen sebagai hunian. Tapi, kembali lagi pertimbangan mana yang Anda utamakan saat memilih sewa rumah atau apartemen.

Kepraktisan yang dimaksud di sini adalah mengenai perbaikan terhadap kerusakan, kebersihan dan strategis. Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan memilih hunian sewa rumah atau apartemen.

Pada dasarnya, tinggal di apartemen lebih praktis daripada di rumah. Di apartemen ada petugas yang khusus melayani kebersihan. Jika tidak ada waktu, Anda bisa meminta layanan jasa ini untuk membersihkan hunian Anda. Aspek ini juga perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih sewa rumah atau apartemen.

(Baca Juga: 11 Alasan Generasi Millennial Memilih Apartemen Ketimbang Rumah Konvensional)

Selain itu, jika ada kerusakan pada hunian Anda, tidak perlu repot-repot membetulkannya. Cukup memanggil pihak pengelola, masalah Anda bisa langsung diatasi. Lain halnya dengan di rumah, Anda membereskannya sendiri jika ada masalah. Apalagi jika waktu yang dimiliki sangat minim. Sebaiknya benar-benar pertimbangkan aspek ini sebelum memilih sewa rumah atau apartemen.

Lokasi hunian yang strategis juga menjadi point plus apartemen. Biasanya lokasinya dekat dengan area perkantoran, pertokoan, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan fasilitas publik lainnya. Jadi tidak perlu repot-repot mengeluarkan ongkos yang besar bukan. Beda dengan di rumah, Anda harus mengeluarkan ongkos besar untuk mengakses fasilitas publik. Inilah yang juga jadi pertimbangan kebanyakan orang sebelum memilih sewa rumah atau apartemen.

4. Aspek Interaksi atau Sosialisasi

Sewa Rumah atau Apartemen

(Image: myfirstapartment.com)

Bagi Anda yang gemar berinteraksi dengan orang di sekitar, pasti akan merasa lebih baik tinggal di rumah daripada apartemen. Apalagi jika Anda adalah orang baru yang menyewa rumah di suatu lokasi, pasti harus memberikan kartu tanda penduduk ke RT setempat dan memberikan pemberitahuan. Hal ini bisa membuat Anda mengenal warga di sekitar. Aspek sosialisasi juga ternyata perlu pertimbangan sebelum memilih sewa rumah atau apartemen.

Tapi jika Anda memilih apartemen, hal seperti itu belum tentu akan terjadi. Kehidupan di hunian moderen ini lebih individualis. Karena penghuninya cenderung memiliki kesibukan tinggi dan menjadikan apartemen memang tempat untuk beristirahat. Jadi, pasti sulit untuk membangun interaksi dengan tetangga apartemen. Inilah yang menjadi pertimbangan utama bagi orang yang gemar berinteraksi sebelum memilih sewa rumah atau apartemen.

5. Aspek Kebebasan

Sewa Rumah atau Apartemen

(Image: essentialhome.eu)

Aspek yang menjadi pertimbangan sebelum memilih sewa rumah atau apartemen yakni kebebasan. Apalagi bagi Anda yang gemar memelihara binatang. Di rumah, Anda bisa memelihara binatang sesuka hati. Yang penting izin dengan pemilik rumah dan tetap menjaga kebersihan.

Namun, jika Anda memilih di apartemen, tidak semua hunian moderen ini mengizinkan membawa binatang. Kadang diberlakukan aturan untuk tidak mengizinkan penghuni memelihara hewan demi menjaga ketentraman lingkungan. Karena yang dikhawatirkan binatang tersebut bisa mengganggu tetangga di sekitar hunian. Mungkin para pecinta binatang akan mempertimbangkan betul mengenai tempat tinggal sewa rumah atau apartemen.

Jadi berdasarkan pertimbangan yang sudah dijelaskan, Anda bisa memutuskan tempat tinggal dengan sewa rumah atau apartemen. Pastinya menentukan pertimbangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Karena tinggal di rumah atau apartemen sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. (Source: Cermati.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *