Sebelum Ke TPS, Inilah 5 Surat Suara yang akan Kamu Coblos

Image: LensaIndonesia.com
0 73

Dalam hitungan jam, pemilu 2019 bakal digelar. Sebagai pemilik hak suara, kita akan menyalurkan suara kita untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPRD kabupaten/kota, anggota DPRD provinsi, anggota DPR RI, sekaligus anggota DPD dalam waktu bersamaan. Tentu ini berbeda bila dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu.

Jika dihitung, kita akan mendapatkan 5 jenis surat suara dengan gambar dan isi yang berbeda-beda. Masing-masing juga memiliki warna yang berbeda. Warna surat suara untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden berbeda dengan surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Surat Suara Pemilu 2019

Surat-Suara-Pemilu-2019-kompas. Image: Kompas.com

Biar tidak bingung, sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, berikut 5 warna surat suara yang akan kita terima:

1. Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden (Warna Abu-abu)

Surat suara Pemilu 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu. Pada surat suara yang akan kita terima dalam kondisi masih terlipat ini terdapat tulisan ‘’PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN’ di bagian muka dan belakang surat suara sebagai identitasnya.

Kalau dibuka, pada surat suara ini akan terpampang foto beserta nama pasangan calon nomor urut 01 dan juga pasangan calon nomor urut 02 disertai logo partai politik pengusung masing-masing calon. Pemilih bisa mencoblos pada bagian nomor urut, foto Calon Presiden dan Wakil Presiden, nama, atau logo partai politik pengusung. Cukup sekali saja.

2. Surat Suara DPR RI (Warna Kuning)

Kita juga akan menerima surat suara berwarna kuning. Gunanya untuk memilih anggota DPR RI. Pada bagian depan tertulis ‘Anggota DPR RI tahun 2019’ dan dibagian belakang tertulis ‘DAERAH PEMILIHAN DPR RI’.

Di dalam surat suara ini akan ada 16 logo partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 ditambah daftar nama-nama caleg yang diusung oleh masing-masing Parpol. Pemilih cukup mencoblos sekali saja. Bisa pada nomor urut, logo parpol atau nama calon anggota DPR RI.

3. Surat Suara DPRD Provinsi (Warna Biru)

Surat suara berwarna dasar biru yang akan kita terima digunakan untuk memilih anggota DPRD Provinsi. Pada bagian depan, surat suara ini tertulis ‘DPRD Provinsi’ dan di bagian belakang tertulis ‘DAERAH PEMILIHAN DPRD PROVINSI’.

Sama seperti surat suara DPR RI, dalam surat suara ini berisi 16 logo partai politik peserta Pemilu dilengkapi dengan daftar caleg yang diusung. Sedikit berbeda akan kita temukan pada surat suara untuk DPRD Provinsi Aceh yang akan diisi oleh 20 logo partai politik.

Agar sah, pemilih cukup mencoblos sekali saja. Bisa pada nomor urut, logo parpol atau nama calon anggota DPRD Provinsi.

Baca Juga: Pasar Ritel Bakal Membaik Setelah Pilpres Nanti

4. Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota (Warna Hijau)

Kita juga akan menerima surat suara berwarna hijau untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota. Pada bagian depan tertulis ‘DPRD Kabupaten/Kota’ dan dibagian belakang tertulis ‘Daerah Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota’.

Sama seperti surat suara DPR dan DPRD Provinsi, surat suara ini juga akan berisi 16 partai dan 20 partai untuk DPRD kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Pengecualian untuk wilayah DKI Jakarta yang tidak akan mendapatkan surat suara ini. Pemilih di DKI, hanya akan mendapatkan 4 surat suara tanpa karena tak memiliki DPRD tingkat Kabupaten/Kota.

5. Surat Suara DPD RI (Warna Merah)

Yang kelima adalah surat suara DPD RI yang berwarna merah. Berbeda dengan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota yang tidak disertai foto calon, surat suara DPD RI turut disertai masing-masing foto calon.

Surat suara ini memiliki sembilan model desain yang berbeda untuk tiap-tiap provinsi. Hal ini lantaran ada perbedaan terhadap jumlah caleg DPD yang ikut berkompetisi di tiap provinsinya.

Nah kalau sudah mengerti surat suara pemilu 2019, kini tinggal besok datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih. Jangan sampai tidak berpartisipasi, ya. Perubahan bangsa ada di tangan kita dengan memilih pemimpin yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.