Tambah Semangat, 10 Tanaman Hias di Meja Kerja Ini Berikan Aura Positif

Tanaman Hias di Meja Kerja

Bekerja di kantor selama berjam-jam pasti membuat siapa saja bakal dilanda kejenuhan. Produktivitas pun ikut menurun. Apalagi kalau melihat tumpukan pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya. Pasti lelah dan bosan serta membuat pikiran terasa panas.

Beruntung ada banyak cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan meletakkan tanaman hias di meja kerja kamu. Percaya atau tidak, nyatanya beberapa tanaman terbukti memberikan efek positif yang tak hanya sekedar menghiasi meja kerja, namun memberikan aura positif serta rasa semangat di dalam pikiran. Misalnya saja 10 tanaman cantik berikut ini:

1. Monstera

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: nutrigower.com

Bagi kamu pecinta tanaman, tanaman yang satu ini tentu tidak asing lagi, bukan? Monstera kerap menjadi idaman di beberapa ruangan karena mampu bertahan meski di dalam ruangan serta tidak mudah layu.

Selain itu, tanaman yang sering digunakan pada dekorasi dengan tema Skandinavia ini juga memiliki bentuk daun yang unik. Daun yang berlubang membuat tanaman ini terlihat begitu menarik.

Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar, tanaman hias meja kerja ini tetap manis diletakkan di sudut ruangan kantor. Kamu juga tidak perlu menyiram tanaman ini setiap hari karena tanaman ini bisa hidup hanya dengan meletakkannya dalam pot kaca berisi air.

2. Kaktus

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Pinterest/jamaligarden.com

Siapa bilang tanaman berduri tidak cocok diletakkan di dalam ruang kerja? Kaktus, si tanaman berduri yang identik dengan gurun pasir ini adalah salah satu tanaman yang bisa menyejukkan matamu yang kelelahan melihat layar komputer. Kamu tidak perlu meletakkan kaktus yang berukuran besar, kini telah banyak kaktus mini yang bahkan tidak memiliki duri sehingga sangat aman.

Selain itu, tanaman kaktus juga sangat cantik dan akan mempermanis meja kerjamu, lho. Meskipun tanaman ini adalah tanaman yang tidak mudah layu dan tidak memerlukan perawatan yang sulit, tapi kamu tetap harus sesekali menyiramnya. Jangan lupa juga sesekali bawa tanaman hias meja kerja ini ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

3. Succulent

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Pinterest/offbeathome.com

Tanaman mungil yang satu ini banyak juga dijumpai di meja kerja. Bukan hanya karena bentuknya yang cantik, tapi juga karena tanaman succulent dipercaya akan memberikan keberuntungan alias hoki bagi pemiliknya.

Tanaman ini mirip seperti kaktus. Jadi tidak membutuhkan perawatan khusus seperti disiram secara rutin atau diberi pupuk. Manfaat tanaman ini luar biasa, bahkan mampu melepaskan oksigen ke dalam ruang kerjamu.

Biasanya tanaman ini diletakkan di meja dekat pintu masuk kantor dengan kepercayaan dapat mendatangkan keberuntungan dan kesuksesan bagi perusahaan.

4. Krisan

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: multivendor.info

Tanaman yang sering ditemukan pada beberapa obat herbal ini memang memiliki manfaat yang luar biasa. Tak hanya memberikan manfaat setelah diolah, bunga krisan juga memberikan banyak manfaat jika ditanam dan diletakkan di dalam meja kerja kamu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA, bunga krisan ternyata menempati urutan pertama dalam daftar tanaman penyaring polutan terbaik. Sebagaimana diketahui bahwa tingkat polutan di ruangan tertutup jauh lebih tinggi dibandingkan ruangan terbuka karena tidak adanya pergantian sirkulasi udara yang begitu baik.

5. Lidah buaya

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Pinterest/Hello BlogZine

Tanaman yang mampu meningkatkan produktivitas kerja kita di kantor lainnya adalah tanaman lidah buaya. Tanaman yang satu ini terbukti mampu menyaring udara yang kotor.

Letakkan lidah buaya di sudut kantor atau di meja kerja jika ukurannya kecil. Jika kamu melihat terdpaat bintik coklat atau hitam pada daun lidah buaya, maka itu pertanda bahwa ruangan kantor kamu memiliki tingkat polutan yang sangat tinggi.

6. Lidah mertua

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Pinterest/greenseedgarden.com

Tak hanya lidah buaya, tanaman lidah mertua atau yang biasa disebut dengan snake plant juga sangat bermanfaat menyerap kadar polutan yang tinggi di ruang kerja.

Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus karena bisa tumbuh dengan mudah di mana saja. Lidah mertua mampu menyerap benzene, formalin, xylene, dan  trichloroethylene.

7. Bambu rejeki

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Homedit.com

Sesuai dengan namanya, bambu rejeki dipercaya mampu memberikan keberuntungan atau mendatangkan rejeki pada pemiliknya. Berbeda dengan bambu pada umumnya, bambu rejeki justru memiliki batang yang lentur sehingga dapat kamu kreasikan bentuknya. Bambu rejeki merupakan jenis tanaman hias yang banyak digunakan pada interior rumah yang mementingkan feng shui.

Bambu yang berasal dari Afrika ini sangat baik membersihkan udara di dalam ruangan sehingga produktivitas kerja akan meningkat. Udara yang bersih akan membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Semangat untuk beraktivitas juga akan selalu hadir dalam ruang kerja. Jadi, tak perlu ragu untuk jadikan ini sebagai tanaman hias di meja kerja, ya!

8. Sri rejeki

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Pinterest/bakker.com

Sri rejeki atau aglaonema adalah salah satu tanaman dekorasi rumah yang sangat sering kita jumpai. Tanaman dengan daun yang lebar ini memang mudah untuk ditanam dan dirawat juga memberikan manfaat yang sangat baik.

Tanaman sri rejeki memiliki banyak jenis, ada yang berwarna merah, hijau, dan kombinasi keduanya sehingga sangat cocok untuk mempercantik ruangan. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan selera saja.

Baca Juga: 16 Peralatan Kantor Unik yang Bisa Buat Kamu Betah Kerja

9. Pakis

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: bibitbunga.com

Pakis adalah salah satu tanaman yang mampu membersihkan udara dan membuat ruangan menjadi lembab. Tanaman yang mirip dengan tulang ikan ini mampu menyaring polutan dalam ruangan sehingga udara menjadi lebih bersih. Tak salah bila kemudian banyak yang memilih tanaman ini menjadi tanaman hias di meja kerja.

10. Spider plant

Tanaman Hias di Meja Kerja
Image: Interiorzine.com

Tanaman yang memiliki daun yang panjang dan ramping ini juga sangat ampuh dalam membersihkan udara di dalam ruangan yang tertutup. Tak hanya sangat ampuh, tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Jadi sangat cocok kamu letakkan di ruang kerja.

Itulah beberapa tanaman hias di meja kerja yang mampu meningkatkan produktivitas kita di tempat kerja. Selain membuat ruangan semakin indah, udara bersih yang dihasilkan juga membuat kita semakin sehat dan semangat untuk beraktivitas.

Author: Lita Lia

Penulis lepas yang bisa dihubungi melalui: litaliaku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *